Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
YY-MBKM
Deskripsi:
Ekonomi Sumber Daya Alam membahas konsep dasar mengenai kegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam serta dampaknya pada lingkungan atas dasar pemikiran kajian ekonomi-ekologi, dengan mengkaji pemanfaatan sumber daya alam sebagai faktor produksi dan berbagai permasalahan sebagai dampak dari aktivitas ekonomi dan konflik pembangunan ekonomi, berbagai kajian kebijakan ekonomi pembangunan dalam menjaga ekosistem alam untuk mewujudkan pembanguanan berkelanjutan (sustainable development) maupun implikasi kebijakan ekonomi Indonesia pada pemanfaatan sumber daya yang adil.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengkaji permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia dalam pelaksanaan pembangunan perekonomian untuk menumbuhkan kepedulian dalam pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.
  • Mahasiswa memiliki ketrampilan untuk menganalisis bagaimana institusi ekonomi (pemerintah, swasta, masyarakat, perguruan tinggi) mengkaji kebijakan yang memberikan perubahan pada keseimbangan kegiatan maupun aktivitas ekonomi dengan pemanfaatan natural resources (NR).
  • Mahasiswa mampu menelaah kajian teori dan empirik atas dasar studi pustaka maupun lapangan untuk mengkaji berbagai kebijakan yang diterapkan dalam pembangunan perekonomian dalam lingkup nasional maupun regional (daerah).
Daftar Pustaka:
  • Fauzi, Akhmad. 2008. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan., Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Scott J. Callan dan J.M. Thomas, 200. Environmental Economics and Management: Theory, Policy, and Applicatios. Tokyo: The Dryden Press.
  • Sukanto Reksohadiprodjo dan Dybio Prabowo, 1998. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Energi. Yogyakarta: BPFE UGM.
  • Suparmoko. 2010. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan suatu pendekatan teoritis Yogyakarta: BPFE.