Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mencakup kajian tentang hakikat penelitian pendidikan, permasalahan-permasalahan pendidikan dan pembelajaran IPS dengan menitikberatkan pada keterampilan penelitian pendidikan dan pengembangan pembelajaran, serta tahap-tahap penelitian pendidikan (penetapan masalah penelitian, kajian kepustakaan, hipotesis penelitian, rancangan penelitian, populasi dan sampel, variabel penelitian, instrumen penelitian, metode pengumpulan data, analisis data, laporan hasil penelitian, penafsiran hasil penelitian).
Capaian Pembelajaran
  • Membangun sikap kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan.
  • Menguasai hakikat penelitian pendidikan (PTK, Eksperimen dan Penelitian Pengembangan).
  • Mengidentifikasi permasalahan pendidikan dan pembelajaran IPS.
  • Menguasai teknis dan tahap-tahap penelitian pendidikan
  • Terampil dalam melakukan penelitian dan penulisan laporan hasil penelitian pendidikan.
  • Bertanggung jawab terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
Daftar Pustaka:
  • Arikunto, S. dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction, Seventh Edition. New York: Longman.
  • Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. 2017. Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.
  • Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali Press.
  • Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. Indeks.
  • Prahmana, Rully Charitas Indra. 2017. Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Rajawali Press.
  • Wriatmadja, R. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Sudijiono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Press.
  • Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
  • Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  • Tashakkori, A., & Teddlie, C. (Eds.). 2010. Sage Handbook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Thiagarajan, S. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.
  • Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.
  • Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang.
  • Walter Dick, Lou Carey and James O. Carey. 2005. The Systematic Design of Instruction.Boston: Pearson.
  • Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Teori Aplikasi.Jakarta: Bumi Aksara.