Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-A
Deskripsi:
Dalam proses penyusunan proposal mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing. Kegiatan perkuliah meliputi identifikasi masalah melalui studi pustaka secara mendalam dan kajian lapangan, mengembangkan proposal penelitian yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, kajian pustaka yang relevan, dan metode penelitian. Kegiatan perkuliahan diakhiri dengan diseminasi proposal penelitian dalam forum seminar yang dihadiri oleh dosen pembimbing, mahasiswa lain, dan pihak-pihak yang berminat.
Capaian Pembelajaran
  • Capaian pembelajaran matakuliah ini adalah agar mahasiswa mampu: (1) menyusun usulan penelitian tesis untuk memecahkan masalah pembelajaran atau tatakelola pendidikan dasar dengan metode ilmiah melalui pendekatan inter atau multidisipliner; dan (2) mengkomunikasikan dan mempertanggungjawabkan secara ilmiah dalam forum seminar usulan tesis.
  • Capaian pembelajaran matakuliah ini adalah agar mahasiswa mampu: (1) menyusun usulan penelitian tesis untuk memecahkan masalah pembelajaran atau tatakelola pendidikan dasar dengan metode ilmiah melalui pendekatan inter atau multidisipliner; dan (2) mengkomunikasikan dan mempertanggungjawabkan secara ilmiah dalam forum seminar usulan tesis.
Daftar Pustaka:
  • "Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Razavieh, A. 2010. Introduction to Research in Education. Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.
  • Creswell, J. W. 2002. Research Design: Quantitative, Qualitative, and Mixed Method Approaches. SAGE.
  • Pedoman Penulisan Karya Ilmiah : Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. 2017. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • https://www.youtube.com/watch?v=166FXhGd9T4
  • https://www.youtube.com/watch?v=h2LAEFbmWWg
  • https://www.youtube.com/watch?v=71-GucBaM8U
  • https://www.youtube.com/watch?v=zIYC6zG265E
  • https://www.youtube.com/watch?v=hMGdwIhiwzU&t=36s
  • https://www.youtube.com/watch?v=hT8IBHHTt3s
  • https://www.youtube.com/watch?v=uQhVDH9p7aU
  • https://www.youtube.com/watch?v=yplWZs3dqNQ
  • https://www.youtube.com/watch?v=YJ-YX_AcomU