Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-A
Deskripsi:
Ruang lingkup kajian matakuliah ini meliputi: (1) landasan Pendidikan yang meliputi filosofi, histori, psikologi, social-budaya, ekonomi, dan yuridis; (2) hakekat, prinsip, dan tujuan Pendidikan dasar; (3) pendidikan sebagai system; (4) problematika dan isu terkini di bidang Pendidikan; (5) kecenderungan perkembangan Pendidikan di masa depan terkait dengan globalisasi, perkembangan teknologi, revolusi industry 4.0; (6) kebijakan pendidikan pada skala nasional maupun internasional. Kegiatan perkuliahan matakuliah ini dirancang untuk memberi peluang kepada mahasiswa untuk mengungkapkan secara kritis buah pikiran mereka untuk menemukan solusi atas problem dan isu tersebut dalam konteks pendidikan dasar. Kajian topik permasalahan dalam pendidikan dasar yang diangkat dari laporan penelitian, artikel, buku, atau lapangan.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memiliki Pemahaman kritis terhadap landasan filosofis keilmuan pedagogis pembelajaran yang mendidik dan wawasan pendidikan dan pembelajaran secara inter- dan multisiplin untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang efektif.
  • Mengembangkan landasan kependidikan dasar dan mengidentifikasi problematika dan isu-isu terkini di bidang pendidikan dasar.
Daftar Pustaka:
  • 3. World Bank. (2020). The Promise of Education in Indonesia. Washington, DC: The World Bank
  • 4. Naeloka, A., & Naeloka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Promise of Education in Indonesia. Washington, DC: The World Bank
  • 5. Dewantara, K. H. (1967). Some aspects of national education and the taman siswa institute of Jogjakarta. Indonesia, 4, 150–168. https://doi.org/10.2307/3350909
  • 6. Denis Hayes. 2010. Encyclopedia of Primary Education. London and New York: Routledge
  • 9. Olivia N. Saracho (Ed.). 2015. Handbook of Research Methods in Early Childhood Education Review of Research Methodologies Volume I. Charlotte: Information Age Publishing, Inc.
  • 10. OECD/Asian Development Bank. (2015). Education in Indonesia: Rising to the Challenge. Paris: OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264230750-en
  • Tilaar, H.A.R. 2008. Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Uno, H dan Lamatenggo, N. 2018. Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  • UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Zahro, A. dan Sulistyorini. 2010. Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. Malang: A3
  • 1. Ornstein, A. C., & Levine, D. U. (2008). Foundations of Education: 10th Edition. Boston: Houghton Mifflin Company
  • 2. Sadovnik, A. R., Cookson, P. W., Semel, S. F., & Couhlan. R. W. (2018). Exploring Education: An introduction to the foundations of education 5th edition. Oxon: Routledge
  • 3. World Bank. (2020). The Promise of Education in Indonesia. Washington, DC: The World Bank
  • 4. Naeloka, A., & Naeloka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup.
  • 5. Dewantara, K. H. (1967). Some aspects of national education and the taman siswa institute of Jogjakarta. Indonesia, 4, 150–168. https://doi.org/10.2307/3350909
  • 6. Denis Hayes. 2010. Encyclopedia of Primary Education. London and New York: Routledge
  • 1. Ornstein, A. C., & Levine, D. U. (2008). Foundations of Education: 10th Edition. Boston: Houghton Mifflin Company
  • 2. Sadovnik, A. R., Cookson, P. W., Semel, S. F., & Couhlan. R. W. (2018). Exploring Education: An introduction to the foundations of education 5th edition. Oxon: Routledge
  • 7. Colin Conner & Brenda Lefthouse. 2003. The Study of Primary Education: A Source Book--Volume 1: Perspectives. 2nd Edition. London: The Falmer Press
  • 8. Marion Dadds & Brenda Lofthouse. 2003. The Study of Primary Education. A Source Book—Volume 4: Classroom and Teaching Studies. London: The Falmer Press