Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
AA-AA
Deskripsi:
1) Kurikulum; tujuan dan SKL IPA SMP, identifikasi permasalahan pembelajaran IPA, 2) Strategi pembelajaran; prinsip-prinsip pembelajaran IPA terpadu, karakteristik pembelajaran IPA terpadu, pendekatan dan metode pembelajaran IPA, model pembelajaran IPA terpadu (K-2013), 3) Rancangan pembelajaran; Jenis keterpaduan materi (integrated, connected, share, webbed), pengembangan indicator pembelajaran IPKD, 4) Bahan ajar; peta konsep esensial berdasarkan KD IPA SMP

1) Kurikulum;  tujuan dan SKL IPA SMP, identifikasi permasalahan pembelajaran IPA, 2) Strategi pembelajaran; prinsip-prinsip pembelajaran IPA terpadu, karakteristik pembelajaran IPA terpadu, pendekatan dan metode pembelajaran IPA, model pembelajaran IPA terpadu (K-2013), 3) Rancangan pembelajaran; Jenis keterpaduan materi (integrated, connected, share, webbed), pengembangan indicator pembelajaran IPKD, 4) Bahan ajar; peta konsep esensial berdasarkan KD IPA SMP


Capaian Pembelajaran
  • 8.1 Mampu merancang pembelajaran IPA di Sekolah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang mengarah pada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan mendorong kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan pendekaatan Natural of Science (NOS) dan TI dalam pembelajaran IPA.
  • 8.2 Mempraktikkan pembelajaran IPA berbasis Lesson Study (LS).
Daftar Pustaka:
  • Chiappetta, E. L. & Koballa, T. R. 2014. Science Instruction in the Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills (8th edition). New York: Allyn & Bacon

  • Joyce, B. R. & Weil, M. 2009. Models of Teaching (8th edition). New York: Allyn & Bacon.

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  • Marzano, R. J., Frontier, T. & Livingston, D. 2011. Effective Supervision Supporting the Art and Science of Teaching. Alexandria, Virginia: ASCD.


  • Martinello, M. L. 2000. Interdisciplinary Inquiry in Teaching and Learning. New York: Prentice Hall.