Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mengembangkan pemahaman mahasiswa dan wawasannya tentang pendidikan olahraga yang luas kaitannya secara sistemik dan sistematik dengan bidang lain, baik situasi "normal" maupun situasi problematik dengan membahas masalah umum pendidikan jasmani dan olahraga dan masalah-masalah khusus pembelajaran pendidikan olahraga. Kuliah ini mencakup segi-segi problematik teoritis dan praktik lapangan (dunia keolahragaan dan di sekolah). Pokok-pokok masalah meliputi kebijaksanaan dan pengembangan dan arah kecendrungan pendidikan olahraga dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah-masalah pendidikan olahraga secara teoritis maupun praktis di satuan pendidikan, kemudian berlatih membahas hakikat dan segi-segi permasalahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep-konsep dasar teori problematika pembelajaran pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa mampu menerapkan pemahaman konsep dasar problematika dalam pendidikan formal dan nonformal, pembelajaran, pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasikan problematika belajar dan pembelajaran dalam pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasikan jenis kasus pembelajaran pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan terampil memecahkan kasus-kasus pembelajaran pendidikan olahraga secara mandiri.
Daftar Pustaka:
  • Beni, S., Fletcher, T. and Ní Chróinín, D., 2017. Meaningful Experiences in Physical Education and Youth Sport: A review of the literature. Quest, 69(3), pp.291-312.
  • Dowling, F., Fitzgerald, H. and Flintoff, A. eds., 2012. Equity and Difference In Physical Education, Youth Sport And Health: A Narrative Approach. Routledge.
  • Erik F. Broom., etc. 2012. Comparative Physical Education and Sport, Volume 1-5, 2012.
  • Estrada, J.A.C., González-Mesa, C.G., Méndez-Giménez, A. and Fernández-Río, J., 2011. Achievement Goals, Social Goals, and Motivational Regulations in Physical Education Settings. Psicothema, 23(1), pp. 51-57.
  • Fägerlind, I. and Saha, L.J., 2016. Education and National Development: A Comparative Perspective. Elsevier.
  • Green, K., 2014. Mission Impossible? Reflecting Upon The Relationship Between Physical Education, Youth Sport and Lifelong Participation. Sport, Education and Society, 19(4), pp.357-375.
  • Griggs, G. ed., 2012. An Introduction To Primary Physical Education. Routledge.
  • Harvey, S., Kirk, D. and O'Donovan, T.M., 2014. Sport Education As A Pedagogical Application for Ethical Development In Physical Education And Youth Sport. Sport, Education and Society, 19(1), pp.41-62.
  • Kirk, D., 2014. Physical Education and Curriculum Study (Routledge Revivals): A Critical Introduction. Routledge.
  • Lago-Ballesteros, J. and Lago-Peñas, C., 2010. Performance in Team Sports: Identifying the Keys to Success in Soccer. Journal of human kinetics, 25(1), pp.85-91.
  • Laker, A., 2012. Sociology Of Sport And Physical Education: An introduction. Routledge.
  • Lund, J. and Tannehill, D., 2014. Standards-Based Physical Education Curriculum Development. Jones & Bartlett Publishers.
  • Mawer, M., 2014. Effective Teaching Of Physical Education. Routledge.
  • McKenzie, T.L. and Lounsbery, M.A., 2013. Physical Education Teacher Effectiveness in A Public Health Context. Research quarterly for exercise and sport, 84(4), pp.419-430.
  • Mitchell, S.A., Oslin, J.L. & Griffin, L.L., 2013. Teaching Sport Concepts and Skills: A Tactical Games Approach For Ages 7 to 18. Human Kinetics.
  • Pangrazi, R.P. & Beighle, A., 2019. Dynamic Physical Education for Elementary School Children. Human Kinetics Publishers.
  • Rink, J.E., 2013. Measuring Teacher Effectiveness in Physical Education. Research Quarterly for Exercise and Sport, 84(4), pp.407-418.
  • Siedentop, D.L., Hastie, P. and Van der Mars, H., 2019. Complete Guide To Sport Education. Human Kinetics.
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 taun 2005: Sistem Keolahragaan Nasional, Jakarta: Biro Humas dan Hukum, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, 2007.