Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
KM-MBKM
Deskripsi:
Konsep dasar e-learning, sejarah perkembangan e-learning dan model penerapan e-learning di berbagai negara, karakteristik e-learning: kelebihan dan manfaat e-learning, prosedur pengembangan e-learning, e-learning tools, perencanaan program: struktur e-learning dan stroryboard, mengenal beberapa model learning management system, serta desain template.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar e-learning sehingga memiliki pemahaman yang sesuai tentang fungsi-fungsi teknologi online dalam pembelajaran.


  • Mampu secara kreatif, analitis dan antisipatif dalam menganalisis, merancang, membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek e-learning untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan performansi pebelajar, sesuai konsep, prinsip, dan prosedur pengembangan.


  • Mampu berpikir kritis terhadap keunggulan dan kelemahan e-learning dalam rangka menyikapi resiko pengembangan mendukung pengambilan keputusan pengembangan berbasis online dimasa yang akan datang.


  • Mampu secara kreatif membuat pemaparan secara ilmiah berdasarkan analisis kritis dan evaluasi terhadap kebutuhan dan implementasi e-learning


Daftar Pustaka:
  • Prasetyo, Didik Dwi. 2003. Kolaborasi PHP dan MySQL untuk Membuat Web Database yang Interaktif. Jakarta: Elexmedia Komputindo

  • Sidiq, Setha. 2004. Pemprograman Web dengan PHP. Bandung: Penerbit Informatika

  • Kadir, Abdul. 2002. Pemprograman Web Mencakup: HTML, CSS, Javascript, dan PHP. Yogyakarta: Andi.