Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-18BT
Deskripsi:

Mengembangkan dan menerapkan pemahaman berinteraksi dalam praktik pembelajaran


Capaian Pembelajaran
  • 1. Mampu menyusun laporan hasil penelitian sesuai kaidah penulisan karya ilmiah

  • 2. Terampil menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)

  • 3. Terampil menerapkan setiap komponen keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran bidang studi kuliner melalui modeling dalam situasi peer teaching

  • 4. Terampil mengajar melalui pembelajaran sejawat (peer teaching) dengan pendekatan lesson studi

Daftar Pustaka:
  • 1. Ambili Remesh. 2013. Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences

  • 2. Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers

  • 3. Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press

  • 4. Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar

  • 5. Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company

  • 6. Darmadi, Hamid. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta

  • 7. Depdiknas, JICA, IDCJ. 2008. Buku Petunjuk Guru untuk Pembelajaran yang Lebih Baik. Program SISTTEMS – JICA

  • 8. Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC

  • 9. Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta

  • 10. Louisell, R. D. and Descamp, J. 1992. Developing Of Teaching Style

  • 11. Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang (JICA)

  • 12. UPT PPL. 2006. Pengajaran Mikro Berbasis Kompetensi: Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006