Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-18HB
Deskripsi:
Memahami teori/konsep, model, dan implementasi kurikulum pendidik¬an teknologi dan kejuruan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-18HB
Deskripsi:
Memahami teori/konsep, model, dan implementasi kurikulum pendidik¬an teknologi dan kejuruan
Capaian Pembelajaran
- Memahami konsep dan definisi kurikulum.
- Memahami jenis kurikulum.
- Memahami landasan pengembangan kurikulum.
- Menganalisis elemen kurikulum.
- Merumuskan isi dan materi kurikulum.
- Memahami konsep pendidikan teknologi dan kejuruan.
- Memahami karakteristik pendidikan kejuruan.
- Memahami landasan eksistensi pendidikan kejuruan.
- Memahami kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan.
- Memahami teori dan model pengembangan kurikulum PTK.
- Memahami karakteristik kurikulum PTK.
- Membedakan model content based curriculum, competency based curriculum.
- Memahami struktur kurikulum SMK.
- Menganalisis KTSP dan Scientific Approach (kurikulum 2013), dan
- Evaluasi kurikulum.
- (1) Ansyar, M. 1989. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI, P2LPTK.
- (2) Bean, A.J. Curriculum Planning and Development. London: Allyn Bacon, Incs.
- (4) Depdiknas. 2004. Kurikulum SMK 2004. Jakarta: Direktorat Dikmenjur.
- (5) Finch, R. C., Cruncilton, R. J. 1984. Curriculum Development in Vocational and Technical Educations. Boston: Allyn Bacon, Incs.
- (6) Mclean R., Wilson, D. 2009. International handbook of Education for the Channging World of Work. Bridging Academic and Vocating Learning. Bonn. Germany: UNEVOC Springer
- (8) Sukamto. 1988. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- (9) Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- (10) Wardiman, D. 1998. Pengembangan Sumberdaya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.
- (3) Calhoun, C.C., Finch, A.A. 1982. Vocational Education: Concepts and Operations. Belmount: Wadsworth Publication Company.
- (7) Nana S.S. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.
- Teacher: Teti Setiawati