Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) paradigma dan konsep-konsep dalam metode penelitian kualitatif 2) jenis penelitian kualitatif, 3) teknik pengumpulan data 4) teknik analisis data, 5) rancangan penelitian kualitatif, 6) penulisan laporan penelitian kualitatif.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu merancang prosedur dan menerapkan teknik penelitian kualitatif dalam mengkaji fenomena sosial, guna merumuskan rekomendasi tepat guna dan mengingkatkan kualitas hidup masyarakat sebagai calon peneliti masa depan.
Daftar Pustaka:
  • Ritzer. G. 2015. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Universitas negeri Malang (UM). 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UM Press.
  • Denzin, Norman K dan Guba Y (eds.) 2000. Handbook of Qualitative Research. New York: Sage Publication.
  • Bogdan C.Robert & Sari Knopp BiklenQu. 1992. Qualitative Research for Education, Boston: Allyn and Bacon.
  • Spradley, J. 2000. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  • Nana Sudjana & R. Ibrahim,1989. Penelitian Pendidikan, Bandung : Sumber Baru.
  • Frankel, R. & E. Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, McGraw Hill, Inc.
  • Emanuel, J Mason. 1989. Understanding and Conducting Research/Aplication in education and the behavioral science. London: McGraw Hill. Inc. Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research From Start to Finish. New York: Guilford Press.