Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:
Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri dan mengetahui tentang: (1) bahasa visual sebagai media komunikasi, (2) mengetahui implementasi bahasi visual sebagai ikonografi, indexical, dan sign system ke dalam infografis, (3) menghasilkan produk karya melalui tahapan-tahapan dari dasar sampai menjadi suatu konsep yang kompleks, dan (4) menghasilkan dihasilkan karya desain yang kreatif
Capaian Pembelajaran
  • Menentukangagasandalammemecahkanmasalahtentangbahasa visual
  • Menggali ide ikonografi, indexical, dan sign system yang memilikifungsisebagaiinformasi, komunikasi, dan promosi
  • Merancanggrafiklingkunganberdasarkanunsur dan prinsipdesainberdasarkanetikaperancangan
  • Memilikikemampuanberkomunikasisecara personal dalammenginformasikan dan mempresentasikankaryagrafislingkungan yang dirancangnya
Daftar Pustaka:
  • 1. Sumbo Tinarbuko.2009, SemiotikaKomunikasi Visual, yogyakarta: Jalasutra. 2. Yasraf Amir Piliang. 2012, Semiotika dan Hipersemiotika, Jakarta: Serambi. 3. Tim InfografikKompas. 2014, Indonesia dalamInfografik, Jakarta: Kompas. 4. Jason Lankow, Josh Ritchie, Ross Crooks. 2014, Infographics: The Power of Visual Storytelling, New Jersey: John Willey & Sons. 5. Chris Calori, David Vanden-Eynden. 2015, Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating 6. Environmental Graphic Design Systems, New Jersey: John Willey & Sons. 7. Chris Calori, David Vanden-Eynden. 2007, Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems, New Jersey: John Willey & Sons