Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
K-MBKM
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Memahami pesan media yang disampaikan melalui desain komunikasi visual
  • Memahami cara dan struktur analisis pesan media desain komunikasi visual
  • Menganalisis wacana media desain komunikasi visual keranah sosial budaya
  • Menganalisa wacana media desain komunikasi visual berdasarkan tindakan, konteks, historis, kekuasaan, dan ideologi
  • Menyusun makalah hasil kajian wacana media desain komunikasi visual berdasarkan intardisipliner, inter disipliner, dan transdisipliner.
  • Mempresentasikan hasil kajian wacana desain komunikasi visual di depan audience.
Daftar Pustaka:
  • Beakley, George C.1974, Instroduction Engeneering Design and Graphic, America: Printed ini the United States of America. Belch, George E & Michael A. Belch. 2011, Advertising and Promotion: An Integrated Markerting Communication Perpective, New York: Grawhill. Danger, E. P. 2002, Memilih Warna Kemasan, Jakarta: Pustaka Binama Presindo. Foley, John. 2006, Balanced Brand, San Francisco: Jossey Bass a Wiley Imprint. Frascara, Jorge. 2004, Communication Design: Principles, Methods, and Practice, New York: Allworth Press. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No. 368/Men.Kes/SK/IV/1994, tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetika, Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, dan Makanan-Minuman. Klimchuk, Marianne Rosner & Sandra A. Krasovec. 2007, Metodologi desain: Prencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan, Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip & Gary Amstrong. 1997, Principle of Marketing (Seventh Edition), New Yersey: Prentice Hall Inc. Mangkunegara, A.A & Anwar Prabu. 2002, Perilaku Konsumen, Bandung: Refika Aditama. Moser, Mike. 2008, United We Brand: Menciptakan Merek Kohesif yang Dilihat, Didengar, dan Diingat, Jakarta: Esensi. Murphy, John and Michael Rowe. 1988, How to design trademarks and logos, Ohio: North Ligth book. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, No. HK.00.05.55.6497 Tahun 2011, tentang Bahan Kemasan Pangan. Pirous, AD. 1989, Desain Grafis pada Kemasan dalam Buku Simposium Desain Grafis, Yogyakarta: Institut Seni Indonesia. Pujiyanto. 2016, Metodologi desain Produk Persuasif, Malang: UM Press Simamora, Bilson. 2002, Aura Merek, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Suyanto, M. 2007, Marketing Strategy Top Brand Indonesia, Yogyakarta: Andi Offset. Swann, Alan. 1987, Basic design and layout, Oxford: Phaidon. Tjiptono, Fandy. 2005, Brand: Management & Strategy, Yogyakarta: Andi.