Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A7C-PLB
Deskripsi:
Memberikan wawasan tentang landasan dan konsep pendidikan inklusif, pedoman implementasi pendidikan inklusif, identifikasi dan Asesmen ABK, Pengembangan Kurikulum, silabus dan RPP, Pengembangan Sarana dan Media Pembelajaran, Pengembangan layanan Kompensatoris, Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Inklusif.
Capaian Pembelajaran
  • Model Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
  • Konsep pendidikan inklusif
  • identifikasi dan Assesment pendidikan (educational identification and assesment) di kelas/sekolah inklusif.
  • Kurikulum Pada Sekolah Penyelenggaran Pendidikan Inklusi
  • Sarana prasarana Pada Sekolah Penyelenggaran Pendidikan Inklusi
  • Manajemen pendidikan inklusif
  • Peran guru dan orangtua dan ahli terkait lainya dalam pendidikan inklusif
  • Kolaborasi dengan warga kelas, kolega, profesionals dan orang tua
  • Interaksi positif di dalam kelas/sekolah inklusif
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • Allan J. 2005. Activety seeking inclucion. Falmer press
  • Karen, A Waldron.2001.Introduction to a Special Education the Inclusive classroom. USA : Delmar Publisher Inc.
  • __________.2001.Understanding and Responding to Children’s Needs in Inclusive Classrooms.USA : Unesco.
  • Dean, J & David Smith.2004. Inclusion a School for All Students. United States of America :ITP An International Thompson Publishing Company
  • B, Keith. 2005. Inclusive Education. Falmer Press
  • Suyanto, Mudsito Ak. 2012. Masa depan pendidikan inklusif.Kementrian dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
  • A.K. Mudjito & Harizal, M.Pd, dkk. 2012. Pendidikan Inklusif. Baduose Media
  • Stubbs, Sue. 2002. Pendidikan inklusif ( ketika hanya ada sedikit sumber ). The Atlas Alliance
  • Takdir Muhammad Ilahi. 2013. Pendidikan Inklusif Konsep & Aplikasi. Amrus Media
  • S, Joyce Choate. 2004. Pengajaran inklusif yang sukses.Hellen Keller
  • Budi Satmoko Susanto. 2010. Sekolah alternatif, mengapa tidak ?. Divan Pres