Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
INB-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah Pemasaran Stratejik merupakan mata kuliah lanjutan setelah mahasiswa menempuh dan lulus matakuliah Manajemen Pemasaran. Pengkajian isu yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi studi market driven strategy di dalam Organisasi Pemasaran; bagaimana strategi keunggulan bersaing yang tepat bagi sebuah organisasi pemasaran agar mampu menjaga eksistensi di tengah persaingan yang ketat; pengkajian kepuasan pelanggan dan mutu produk; penganalisisan pasar; strategi segmentation pasar, targeting dan positioning; strategi relationship; perencanaan produk baru; strategi produk dan pelayanan pelanggan, strategi penetapan harga; strategi promosi, strategi distribusi; dan implementasi dan pengendalian strategi pemasaran.
Capaian Pembelajaran
  • 1) Mampu memahami konsep Pemasaran Stratejik yang berorientasi pada pasar dan pesaing
  • 2) Mampu menganalisis kondisi internal environment dan external environment organisasi
  • 3) Mampu menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan sebuah organisasi
  • 4) Mampu merancang strategi pemasaran sesuai kondisi internal environment dan external environment organisasi
  • 5) Mampu membuat konsep pengendalian dan evaluasi strategi pemasaran
Daftar Pustaka:
  • Cravens, D. (2013). W., dan Piercy, Nigel. Strategic Marketing.
  • Simamora, B. (2013). Pemasaran Strategik.
  • 1. Books • Chernev, A. (2018). Strategic marketing management. Cerebellum Press. • Wilson, R. M., & Gilligan, C. (2012). Strategic marketing management. Routledge. • Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education. • Kotler, P. (2006). Marketing management: Analysis, planning, implementation and control.
  • 2. Journals and Case Studies • Harvard Business Review • Journal of Management • Strategic Management • The Economist • Business Week • Marketers
  • 3. Web sites • www.prenhall.com/kotler • www.connectinmarketing.com • www.prenhall.com/keegan/