Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
MB-MBKM
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji tentang muatan multikulturalisme dalam materi pembelajaran sejarah, nilai-nilai kebhinekaan, toleransi dan pluralisme baik dalam cakupan materi, pendekatan pembelajaran maupun dalam komposisi kelas.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis bentuk – bentuk multikulturalisme dalam pembelajaran sejarah .
  • Mampu menganalisis nilai-nilai keberagaman baik gendner,suku,dan agama dalam materi, pendekatan dan komposisi kelas pembelajaran sejarah.
  • Mampu mengidentifikasi proses kedatangan berbagai agama di Indonesia
  • Mampu menganalisis kehidupan SARA sebagai kodrat diberbagai kehidupan manusia.
Daftar Pustaka:
  • Banks, A Jamer. (2002). An Introduction to Multicultural Education, 3rd-ed. Boston: A Pearson Education Company.
  • Conny Semiawan. (2004). “The Chalenge of a Multicultural Education in 1 Pluralistic Society: The Indonesian Case” dalam Jurnal Antropologi, Jakarta: FISIP UI.
  • E Mulyasa (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Rosda Karya
  • Garvey, Brian & Krug Mary. (1977). Models of History Teaching in the Secondary School, London: Oxford University Press
  • Taufik Abdullah, “Dari Sejarah Lokal ke Kesadaran Nasional: Beberapa Problematik Metodologis” dalam Sartono Kartodirdjo (1985), Dari Babat dan Hikayat Dalam Sejarah Kritis, Yogyakarta: UGM Press.
  • _______ (1992), Sejarah Lokal di Indonesia, Yogyakarta: Gadjah Mada University press
  • Rajab, Budi, 1996. “Pluralisme Masyarakat Indonesia Suatu Tinjauan Umum”, dalam Prisma no. 6. Jakarta : PT. Pustaka LP3ES.
  • Bungin, Burhan, 2011. Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Prenada Media Group
  • Kymlicka, Will, 2003. Kewargaan Multikultural. Jakarta : LP3ES
  • Aly, A. (2005). “Pendidikan Multikultural dalam Tinjauan Pedagogik”. Makalah yang dipresentasikan pada Seminar Pendidikan Multikultural sebagai Seni Mengelola Keberagaman, yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSB-PS) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu, 8 Januari 2005.
  • Atmaadi, A dan Setiyaningsih, Y. (2000). Transformasi Pendidikan Memasuki Milennium Ketiga. Yogyakarta : Penerbit Universitas Sanata Dharma.