Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
MB-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji dan mesimulasikan rencana, pelaksana, dan evaluasi pembelajaran secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan konsep, ruang lingkup, pendekatan dan penelitian sejarah local dengan hasil mengeksplorasi kearifan lokal pada berbagai realitas sejarah lokal secara kritis, kreatif, dan bertanggungjawab.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan konsep, ruang lingkup, pendekatan dan penelitian sejarah local dengan hasil mengeksplorasi kearifan lokal pada berbagai realitas sejarah lokal secara kritis, kreatif, dan bertanggungjawab.
Daftar Pustaka:
  • Pribadi, BA. 2011. Model Desain Sistem Pmbelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
  • Priyadi, S. 2012. Sejarah Lokal. Konsep, Metode dan Tantangannya. Yogyakarta: Ombak.
  • Schneider, J. 2020.Resources for Teaching Local History https://teachinghistory.org/teaching-materials/ask-a-master-teacher. Diakses 24 Juli 2020
  • Supardi. 2006. Pendidikan Sejarah Lokal dalam Konteks Multikulturalisme. Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No. 1 .p.117-137
  • Supardi, 2014. Pendidikan Multikulturaldalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 2, Nomor 1, 2014.p. 91-99
  • Abdullah, T. (ed.). 1990. Sejarah Lokal di Indonesia: Kumpulan Tulisan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  • Alfian. SY.,2017. Mengajarkan Sejarah Tanpa Membosankan . Surabaya: Pustaka Mediaguru
  • Alfian. SY.,2019. Mengajarkan dan Menilai HOTS Mata Pelajaran Sejarah. Batu: Beta Aksara
  • Dep. P dan K. 1989. Revolusi Nasional di Tingka Lokal. Jakarta: Dep. P dan K.
  • Dep. P dan K. 1995. Sejarah Lokal. Makalah Diskusi. Jakarta: Dep. P dan K.
  • Evans.W. 2020. Opinion: the end of local history and the last local historian Show more. The Local Historian Volume 50 Number 2 April 2020
  • Garvey, B & Krug, M. 2015. Model-model pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta:Ombak
  • Geerts, C. 2003. Pengetahuan lokal. Yogyakarta: Merapi
  • Goubert, P.”1971. Local History”. Daedalus: Historical Studies Today. Journal of the American Academy of Art and Sciences. Vol. 100. No. 1, hal. 113-127.
  • Kartodirdjo, S, Kuntowijoyo, Purwanto, B. 2017. Sejarah Sosial Konseptualisasi, Model dan Tantangannya.Yogyakarta: OMbak
  • Kochhar, SK.2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
  • Kuntowidjojo. 1994. Metodologi Sejarah. Yogyakara: Tiara Wacana.
  • Lucas, A.2004. One Soul One Struggle: Peristiwa Tiga Daerah dalam Revolusi Indonesia. Yogyakarta: Resist Book.
  • Madjid, A. 2013. Strategi Pembelajaran..Bandung: Rosda Karya
  • Mulyana, A & Gunawan, R. (eds.). 2007. Sejarah Lokal. Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Salamina.