Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Pengertian, ruang lingkup, fungsi dan tujuan perencanaan pembelajaran; prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran; model-model perencanaan pembelajaran, perencanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum sekolah, macam-macam rencana pembelajaran sejarah , prosedur dan teknik penyusunan rencana pembelajaran sejarah yang berorientasi pada pendidikan karakter.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menghayati tugas profesional merancang pembelajaran dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pada karakteristik peserta didik, potensi dan lingkungan sekolah, serta metode dan pesan pembelajaran.
  • Mampu menganalisis secara kritis, logis, dan sistematik konsep, prinsip dan prosedur penyusunan rancangan pembelajaran sejarah yang berorientasi pada pengembangan pendidikan karakter.
  • Mampu mengimplementasikan prinsip dan prosedur penyusunan rancangan pembelajaran sejarah yang berorientasi pada pengembangan pendidikan karakter secara kreatif, inovatif, kontekstual dan bermakna.
Daftar Pustaka:
  • Abidin, Y. 2015. Disain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.
  • Dick, & Carey . 1990. The Systematic Design of Instruction. New York. Harper Coolins Publisher
  • Gagne, Robert M & Briggs, Leslie J. 1974. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston
  • Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
  • --------------. Perencanaan Pengaaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
  • Kemp. J. 1994. Proses Perancangan Pembelajaran. Terjemahan Asril Marjohan. Bandung: ITB Bandung
  • Mulyasa E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
  • --------------. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian guru dan kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  • Reigeluth, CM. 1983. Instructional- Design Theories and Models: Overview of Their Current Status, New Yersey London: Lawrence Erlbaum Associates Pubhlicer
  • Wina Sanjaya. 2010. Perencanaan dan Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group