Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Ruang lingkup kajian historiografi buku teks pelajaran sejarah; buku teks pelajaran sejarah sebagai historiografi beserta implikasi metodologinya; buku teks pelajaran sejarah sebagai official history; pengaruh perspektif dan ideologi dalam penulisan buku teks sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer; pengaruh kebijakan pendidikan dan jiwa zaman (zeitgeist) dalam historiografi buku teks pelajaran sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer.
Capaian Pembelajaran
Mampu mengidentifikasi ruang lingkup kajian historiografi buku teks pelajaran sejarah secara kritis, adaptif, dan kontekstual.
Mampu menganalisis buku teks pelajaran sejarah sebagai historiografi secara kritis dan kontekstual.
Mampu mengevaluasi pengaruh kebijakan pendidikan dan jiwa zaman (zeitgeist) dalam penulisan buku teks pelajaran sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer secara kritis dan kontekstual.
2. Darmawan, W. 2010. “Historiography Analysis of History Text Book fron Neerlandocentric to Scientific” dalam Historia: International Journal of History Education, Vol. Xi, No. 2., 99-118
1. Ahmad, T.A. 2016. Sejarah Kontroversial dalam Perspektif Pendidikan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
3. Darmiasti. 2002. “Penulisan Buku Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas tahun 1964-1984: Sejarah demi Kekuasaan”. Tesis. Tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Indonesia.
4. Foster, S. (2011). Dominant traditions in international textbook research and revision. Education Inquiry, 2(1), 5-20.
5. Foster, S. (2012). Re-thinking history textbooks in a globalized world. History education and the construction of national identities, 49-62.
6. Mulyana, A. 2011. Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah di Sekolah: Antara Kepentingan Kekuasaan dan Studi Kritis. Dalam http://berita.upi.edu/2011/07/26/historiografi-buku-teks-pelajaran-di-sekolah/
7. Utami, I.W.P. 2012. “Wacana Ideologi Negara dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
- Teacher: Lutfiah Ayundasari