Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Ruang lingkup kajian historiografi buku teks pelajaran sejarah; buku teks pelajaran sejarah sebagai historiografi beserta implikasi metodologinya; buku teks pelajaran sejarah sebagai official history; pengaruh perspektif dan ideologi dalam penulisan buku teks sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer; pengaruh kebijakan pendidikan dan jiwa zaman (zeitgeist) dalam historiografi buku teks pelajaran sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer.


Capaian Pembelajaran
  •   Mampu mengidentifikasi ruang lingkup kajian historiografi buku teks pelajaran sejarah secara kritis, adaptif, dan kontekstual.

  • Mampu menganalisis buku teks pelajaran sejarah sebagai historiografi secara kritis dan kontekstual.

  • Mampu mengevaluasi pengaruh kebijakan pendidikan dan jiwa zaman (zeitgeist) dalam penulisan buku teks pelajaran sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer secara kritis dan kontekstual.

Daftar Pustaka:
  • 2.   Darmawan, W. 2010. “Historiography Analysis of History Text Book fron Neerlandocentric to Scientific” dalam Historia: International Journal of History Education, Vol. Xi, No. 2., 99-118

  • 1.   Ahmad, T.A. 2016. Sejarah Kontroversial dalam Perspektif Pendidikan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

  • 3.   Darmiasti. 2002. “Penulisan Buku Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas tahun 1964-1984: Sejarah demi Kekuasaan”. Tesis. Tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Indonesia.

  • 4.   Foster, S. (2011). Dominant traditions in international textbook research and revision. Education Inquiry, 2(1), 5-20.

  • 5.   Foster, S. (2012). Re-thinking history textbooks in a globalized world. History education and the construction of national identities, 49-62.

  • 6.   Mulyana, A. 2011. Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah di Sekolah: Antara Kepentingan Kekuasaan dan Studi Kritis. Dalam http://berita.upi.edu/2011/07/26/historiografi-buku-teks-pelajaran-di-sekolah/

  • 7. Utami, I.W.P. 2012. “Wacana Ideologi Negara dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.