Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji pokok-pokok materi berikut: (1) Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen; (2) Hipothesis Pemerolehan – Pembelajaran; (3) Hipotesis pemantauan (Monitor Hypothesis) (4) Hipotesis Alamiah (Natural Hypothesis Order; (5) Hipotesis Input (Input Hypothesis; (6) Hipotesis Efektif Filter (Effective Filter Hypothesis); (7) psikologi behavioris dalam pembelajaraan bahasa (8) psikologi kognitif dalam pemerolehan bahasa, (3) linguistik struktural dan pemerolehan bahasa, (9) linguistik transformasional dalam pemerolehan bahasa, (10) metode-metode pembelajaran bahasa, (6) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, (11) isu-isu pembelajaran bahasa.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji pokok-pokok materi berikut: (1) Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen; (2) Hipothesis Pemerolehan – Pembelajaran; (3) Hipotesis pemantauan (Monitor Hypothesis) (4) Hipotesis Alamiah (Natural Hypothesis Order; (5) Hipotesis Input (Input Hypothesis; (6) Hipotesis Efektif Filter (Effective Filter Hypothesis); (7) psikologi behavioris dalam pembelajaraan bahasa (8) psikologi kognitif dalam pemerolehan bahasa, (3) linguistik struktural dan pemerolehan bahasa, (9) linguistik transformasional dalam pemerolehan bahasa, (10) metode-metode pembelajaran bahasa, (6) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, (11) isu-isu pembelajaran bahasa.
Capaian Pembelajaran
- Mampu memahami konsep pemerolehan bahasa kedua
- Mahasiswa memahami hipotesis dalam PBK
- MAhasiswa memahami aliran dalam PBK
- Mahasiswa memahami hubungan linguistik dan pemerolehan bahasa kedua
- Mahasiswa memahami berbagai isu dalam PBK
- Mahasiswa memahami implikasi pedagogis PBK terhadap pembelajaran bahasa Arab
- أحمد منصور، عبد المجيد. 1982. علم اللغة النفسي. الرياض: جامعة الملك سعود.
- حتاملة، موسى رشيد. نظريات اكتساب اللغة الثانية وتطبيقها التربوية. دبي: كلية الدراسة العربية.
- رتشاردز، جاك و روجرز، تيدور.1990. مذاهب وطرائق في تعليم اللغات (ترجمة لكتاب Approaches and Methods in Language Teaching). الرياض: دار عالم الكتب.
- طعيمة، رشدي أحمد. 1989.تعليم العربية لغير الناطقين بها:مناهجه وأساليبه. الرباط:إسيسكو.
- Cook, Vivian. 1994. Linguistik and Second Language Acquisitionn London: The Macmillan Press Ltd
- Dulay, Heidi, Mariana Burt dan S. Krashen. 1982. Language Two. New York: Oxford Univesitiy Press.
- Gass, Susan M., dan Selinker, Larry. 1994. Second Language Acquisition: An Introductory Course. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
- Krashen, Stephen D., dan Terrell, Tracy D. 1983. The Natural Approach Language Acquisition in the Classroom. New York: Pergamon Press.
- Krashen, Stephen D. 1985. The Input Hypothesis: Issues and Implication. New York: Longman.
- Rod Ellis, 1986. Understanding Second Language Acquisition: Oxford University Press.
- Pengajar: Moh. Ainin Prof. Dr. , M.Pd