Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Metode sejarah dalam kajian radikalisme dan toleransi; radikalisme dalam sejarah Indonesia mulai masa Hindu-Budha, Islam, kolonial, dan kemerdekaan; nilai-nilai toleransi berbasis kearifan lokal dalam sejarah Indonesia; relevansi nilai-nilai toleransi berbasis kearifan lokal dalam kehidupan kini dan masa depan; kehidupan keberagaman masyarakat Indonesia masa Hindu-Budha, Islam, kolonial, dan kemerdekaan.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menggunakan metode sejarah dalam kajian radikalisme di Indonesia dari masa ke masa secara teliti, jujur, kritis, dan kreatif.
  • Mampu menggunakan metode sejarah dalam kajian toleransi di Indonesia dari masa ke masa secara teliti, jujur, kritis, dan kreatif.
  • Mampu menganalisis konsep-konsep toleransi berbasis kearifan lokal dalam sejarah Indonesia sebagai bentuk pemahaman terhadap realitas masa lalu, masa kini, dan masa depan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Daftar Pustaka:
  • Arif, S. 2010. Deradikalisasi Islam; Paradigma dan Strategi Islam Kultural. Depok: Koekoesan.
  • Budiman, A. 2006. Teori Negara: Negara, Kekuasaan, dan Ideologi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Engineer, A.A. 2004. Liberasi Teologi Islam: Membangun Teologi Damai dalam Islam.Yogyakarta: Alinea.
  • Hendropriyono, A.M. 2009. Terorisme Fundamentalis Kristen, Yahudi, Islam. Jakarta: Kompas.
  • Mubarak, M.Z. 2008. Geneologi Islam Radikal di Indonesi. Jakarta: LP3ES.
  • Sallomi, M.A. 2015. Perang Global Melawan Terorisme dan Tragedi Kemanusiaan. Depok: Lentera Press.
  • Shihab, A. 1999. Islam Inklusif. Bandung: Mizan.
  • Turmudi, E. (ed). 2005. Islam dan Radikalisme di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.