Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji konsep-konsep penelitian, penelitian pendidikan, prosedur dan langkah-langkah penelitian pendidikan, membedakan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan macam rancangan penelitian serta menerapkan untuk kepentingan penelitian pendidikan pembelajaran sejarah.
Capaian Pembelajaran
Mampu menguasai konsep dasar didaktik dan pedagogic, konsep dasar rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sejarah untuk kegiatan penelitian pendidikan sejarah.
Mampu menelaah berbagai pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian pendidikaan
Mampu memanfaatkan sumber belajar sejarah untuk merancang penelitian dalam rangka meningkatkan muatan nilai-nilai pendidikan karakter secara kritis, kreatif, inovatif, dan kontekstual dalam pembelajaran sejarah.
Mampu mengembangkan pembelajaran yang dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila melalui penelitian pendidikan.
Kunandar. 2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsini.2014. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini. 2011. Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Yogyakarta: Adtya Media
Ary, Donald., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ary, Donald.; Jacobs, L.C.; Soronsen, C.; & Razavieh, A. Introduction to Research in Education. Australia: Wadsworth Cengage Learning
Bogdan, Robert C. & Biklen, Sari Knopp. 2007. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theories & Methods. Boston: Pearson Education.
Creswell, John. 2008. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Ohio: Pearson—Merrill Prentice Hall
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Goetz, J.P & LeCompte, M.D. 1984. Ethnography and Qualitative Design in Educational Research. Orlando: Academic Press
Gall, Meredith D., Gall, Joyce P. & Borg, Walter R. 2003. Educational Research: an Introduction. Boston: Pearson Education
Kusumah, Wijaya & Dwitagama, Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Moleong, Lexy J. 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RosdaKarya
Miles, M.B. & Huberman, A.M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh T.R.Rohidi. Jakarta: UI-Press
Priyadi, Sugeng. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PPs UPI—Remaja Rosdakarya
Yin, Robert K. 2006. Studi Kasus: Desain & Metode. Terjemahan M.D.Mudzakir. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Teacher: Aditya Widiadi