Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

Pengelolaan laboratorium: pengertian laboratorium; desain laboratorium; fasilitas laboratorium; peranan laboratorium dalam pembelajaran. Keselamatan dan keamanan laboratorium: sumber terjadinya kecelakaan; perlengkapan keselamatan; pertolongan pertama pada kecelakaan. Pengenalan dan pemeliharaan alat-alat laboratorium: alat-alat gelas, porselen dan plastik; alat-alat logam; alat-alat optik; alat-alat elektrik. Pengenalan dan penanganan bahan kimia: penggolongan bahan kimia; karakteristik bahan kimia; pengelolaan bahan kimia. Penggunaan mikroskop: prinsip kerja mikroskop; pengenalan macam-macam mikroskop; perawatan mikroskop. Penggunaan bermacam-macam neraca: cara kerja berbagai neraca elektrik dan manual; fungsi khusus masing-masing neraca, keunggulan dan kekurangan masing-masing neraca; sumber-sumber kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran volume dengan berbagai macam alat volumetrik: macam-macam alat volumetrik (gelas dan pipet), fungsi dan penggunaan masing-masing; kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran pH larutan: pengertian pH, larutan penyangga, indikator pH; cara kerja dan penggunaan pH meter. Penggunaan termometer: macam-macam termometer, fungsi dan penggunaan masing-masing; kesalahan dalam pengukuran suhu. Pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi: pengertian molaritas, molalitas, normalitas, persen berat, persen volume, ppm; cara pembuatan larutan; pengenceran larutan. Penggunaan sentrifus: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam sentrifus. Pemisahan molekul dari bahan biologis: prinsip pemisahan molekul; mekanisme kerja metode pemisahan (dialisis dan macam-macam kromatografi). Penggunaan spektrofotometer: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam spektrofotometer


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengelolaan laboratorium sains


  • Mahasiswa mampu merancang desain laboratorium yang representatif

  • Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur penggunaan alat-alat laboratorium, terutama di bidang biologi secara disiplin dan bertanggung jawab


  • Mahasiswa mampu melakukan pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi


Daftar Pustaka:
  • Barker, K. 1998. A Laboratory Navigator. New York: Cold Spring Harbor Laboratory Press.


  • Brink, O.G., Flink, R.J. dan Sachri, S. 1984. Dasar-dasar Ilmu Instrumen. Jakarta: Bina Cipta.

  • Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung. 1988. Panduan Penggunaan Peralatan Biologi

  • Manual Alat-alat Laboratorium.


  • Nur, M.A., Rukmini, H. dan Adijuwana, H. 1989. Teknik Laboratorium untuk   Bidang Biologi dan Kimia. Bogor: PAU IPB

  • Tenzer, A., dan Setiowati, F.K. Petunjuk Praktikum Teknik Laboratorium. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM


  • Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y.H., Supriatno, B., dan Riandi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI - IMSTEP JICA