Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
C-A
Deskripsi:
Kegiatan perkuliahan menekankan pada kajian dan analisis kritis terhadap teori dan praktik baik dalam bidang: (1) kepemimpinan dan manajemen pendidikan, (2) manajemen strategis, (3) supervisi pembelajaran, (4) pengembangan budaya belajar, pemberdayaan, dan transformasi strategis berkelanjutan pada organisasi pendidikan, dan (5) manajemen sumber daya pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa mengembangkan kapabilitasnya yang dibutuhkan untuk berkarier sebagai pemimpin pendidikan dasar seperti kepala sekolah, pemimipin organisasi pendidikan, atau pengambil kebijakan di bidang kependidikan
Daftar Pustaka:
  • Semua rujukan yang sesuai
  • Senge, et.al (2012) Unit I (1-3), Unit VIII; Hadi (2016).
  • Bush & Middlrwood (2005) Ch. 9-12
  • Laudon & Laudon (2020) Ch. 1; Forrester (2020)
  • Dean (1995) Ch. 1 (hal 1-10)
  • Jeferson & Rogers (2010); Bush (2003) Ch. 1
  • Bush (2015)
  • Bush (2008) Ch. 2
  • Dean (1995) Ch. 1 (hal. 10-19).
  • Bush (2003) Ch. 2-8
  • Lynch (2015) Ch. 1 & 2
  • Barrera-Barrrera-Osorio, et.al (2009) Overview, Ch. 1 & 4
  • Gamage & Zajda (2009)
  • Glickman, et.al (2013) Ch 1-5
  • Glickman, et.al (2013) Ch 1-5
  • Glickman, et.al (2013) Ch 15-19
  • Dean (1995) Ch. 14
  • Moore, Bagin & Gallagher (2016) ch. 1-5. Grant & Ray (2019) Ch. 1-2
  • Ropper & Payan (2014) Ch. 3; Lawson & Gede (2014); Bell & Rhodes (1996) Ch.
  • Dean (1995) Ch 4 & Ch. 9; Bell & Rhodes (1996) Ch. 4.