Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
PK-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional merupakan matakuliah teori yang dapat dijadikan mahasiswa sebagai landasan dalam mengimplementasikan Pengetahuan dan keterampilan Profesional dalam upaya merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan menilai Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional dalam lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam suatu komunitas praktik yang mendukung. Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional memberikan landasan bagaimana melakukan Assessing/ Evaluasi, Praktik Kolaboratif, melakukan praktik profesional dan Kepemimpinan yang berlandaskan Kode Etik profesi Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural
Capaian Pembelajaran
  • • Mahasiswa mempunyai kemampuan dalam menganalisis, menafsirkan untuk dijadikan landasan pada kegiatan pengembangan dan implementasi Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional secara profesional dan konsep penilaian, evaluasi berdasar konteks pembelajaran dalam mewujudkan kurikulum.
  • • Mahasiswa memiliki sikap dalam menghargai berbagai pendapat dalam konteks keilmuan kurikulum, kepekaan terhadap kebutuhan pebelajar sebagai pengguna hasil keilmuan Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional, serta menggunakan etika akademik dalam mengevaluasi kurikulum sebagai salah satu bagian lingkungan belajar secara responsif dan adaptif
  • • Mahasiswa menunjukkan kemampuan logis, kritis dan inovatif dalam melakukan internalisasi Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional yang menjadi landasan untuk menguatkan kemampuan memutuskan secara profesional bagaimana melakukan pengembangan, penggunaan dan pengelolaan Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional baik secara individu maupun kelompok. Secara khusus mahasiswa memiliki kemampuan bagaimana berkolaborasi, menganalisis pebelajar sehingga memiliki landasan dalam mengembangkan, mengevaluasi pembelajaran. Mahasiswa memiliki kemampuan kepemimpinan dalam memimpin teman sejawat untuk mewujudkan Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional dalam konteks pembelajaran dan teknologi, dalam wujud kemampuan medesain penilaian dan memperbaiki Desain Dan Pengembangan Kurikulum Interprofesional berlandaskan kode etik, budaya, dan menghormati keragaman
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.