Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A20-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang Konsep dasar motivasi, konsep motivasi sosial dan edudukan motivasi dalam belajar; Filosofis dan sosiologi pentingnya motivasi sosial; Jenis-jenis motivasi social dan prinsip-prinsip motivasi sosial; Prinsip-prinsip motivasi social; Kebutuhan belajar masyarakat; Tingkatan motivasi sosial; Cara menggerakkan motivasi sosial; Prinsip dasar dan strategi motivasi untuk pembelajaran; Urgensi motivasi untuk pembelajaran; Urgensi motivasi dalam aktifitas pendidikan luar sekolah; Peran dan fungsi motivasi sosial dalam pendidikan dan pemberdayaan masyarakat; Motivasi sosial, minat, dan kebutuhan dalam konteks pendidikan luar sekolah; Push and pull motivation dalam konteks pendidikan luar sekolah; Analisis kasus penyelenggaraan motivasi social pada pendidikan luar sekolah..
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki wawasan tentang konsep dan jenis motivasi sosial
  • Mahasiswa memahami landasan filosofis dan sosiologis pentingnya motivasi social dan prinsip-prinsip penerapannya
  • Mahasiswa mampu memahami peran dan fungsi motivasi social dalam upaya pendidikan dan pem-berdayaan masyarakat
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis kasus praktik-praktik pelaksanaan motivasi sosial
  • Kontrak belajar
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • 1) Evans, H, Ermy. 1994. Rural Urban Linkages : Operational Implications for Self Sustained Devel-opment. Pratical Research For Planning. Inc.
  • 2) Fredian Tonny Nasdian. 2014. Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.
  • 3) Hanif Nurcholis, Drajat Tri Kartono, Siti Aisyah. 2016. Pembangunan Masyarakat Desa dan Kota. Jakarta: Universitas Terbuka.
  • 4) Ibrahim Tarik Jabal. 2002. Sosiologi Pedesaan. Malang: UMM Press
  • 5) Johnson Paul Doyle. 1981. Sociological Theory Classical Founders and Contemporary Perspec-tives. John Wiley & Sons, Inc.
  • 6) Hinderink, J. 1988. Regional and Rural Development Planning Series Indonesia.Yogya: Faculty of Geography, Gadjah Mada University,
  • 7) Kakazu, Hioshi. 1994. Sustainable Development of Small Island Economic.San Fransisco: Westview Press.
  • 8) Soetrisno Loekman. 1995. Munuju Masyarakat Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius
  • 9) Sajogyo Pudjiwati. 2005. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta. Gadjah Mada University
  • 10) Suharto Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayaan Rakyat. Bandung: Refika Aditama
  • 11) Sumaryo Gitosaputro dan Kordiyana K, Rangga. 2015. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • 12) Zulkarnain Nasution. 2009. Solidaritas Sosial dan Partisipasi Masyarakat Desa Transisi. Malang: UMM Press
  • 13) Zulkarnain dan Nurhadi. 2018. Pembelajaran Indigenous System Berbasis Nilai-Nilai Tradisi Lokal dalam Membina Keharmonisan Masyarakat Desa. (Kajian Teori dan Implementasi dalam Pendidikan Informal). Malang: UM Penerbitan dan Percetakan.