Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A4C-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan pemahaman mahasiswa tentang konsep PNFI, PNFI dalam sistem pendidikan nasional, karakteristik PNFI, cakupan PNFI, peluang, tantangan, dan problematika PNFI. Ruang lingkup yang dipelajari dalam matakuliah ini antara lain Konsep PNFI, PNFI dalam sistem pendidikan, karakteristik PNFI, cakupan PNFI, peluang, tantangan, dan problematika PNFI.
Capaian Pembelajaran
  • kontrak belajar
  • Mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang hakikat PNFI
  • Mahasiswa memiliki pemahaman tentang teori-teori pemberdayaan masyarakat dalam perspektif PNFI
  • Mahasiswa menganalisis cakupan dan program-program PNFI
  • Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis permasalahan PNFI dalam kaitannya dengan teori dan program PNFI terkini yang berkembang di masyarakat
  • Mahasiswa memiliki kemampuan mengaplikasikan model-model pemberdayaan masyarakat dalam perspektif PNFI
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Apps, J.W. (1989). Problems in Continuing Education. New York: Mc Graw Hill Company.
  • Gross R.(1999). Peak Learning How to Create Your Own Lifelong Education Program for Personal Enjoyment and Profesional Success. New York, Jeremy P.Tarcher/Putnam a member of Penguin Putnam Inc.
  • Harefa, A. (2005). Menjadi Manusia Pembelajar (On Becoming A Learner): Pemberdayaan Diri, Transformasi Organisasi dan Masyarakat Lewat Proses Pembelajaran. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara
  • Havelock, RG & Zlotolow, S. (1995). The Change Agent’s Guide. Second Edition. New Jersey: Educational Technology Publications Englewood Cliffs.
  • Kindervatter, S. (1976). NonFormal Education As an Empowering Process. Amherst: CIE University of Massachusetts.
  • Knowles, M.S. (1988). The Adult Learner A Neglected Species. Houston: Gulf Publishing Company.
  • Makiguchi, T. (1989). Education for Creative Living. Dalam Bethel, DM (editor). Iowa University Press/Ames.
  • Marzuki, SHM. (2005). Peranan PLS dalam Penggerak Pembangunan dan Mengatasi Migran Perkotaan, Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Negeri Malang, 29 Maret 2005.
  • Mazurek, Kas., Winzer, Margret A., Majorek, Czeslaw. (2000). Educational in A Global Society: A ComparativePerspective. Boston: Allyn and Bacon.
  • Schwarz, R. (2002). The Skilled Facilitator: A Comprehenvive Resource for Consultants, Facilitators, Managers, and Coaches. San Francisco. Jossey Bass A Willey Comp.
  • Sudjana, D. (1998). Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Nusantara Press.
  • Taylor, W. Edward., Craton Patricia and Associates. 2012. Handbook of Transformative Learning Theory, Research and Practice (Jack Mezirow: Learning to Think Like Adult). Jossey Bass Publisher. USA
  • Unesco. (1993). Training Materials for Continuing Education Personnel: Income Generating Programmes. Volume V. APPEAL. Bangkok: Unesco Principal Regional Office for Asia and the Pasific.
  • Unesco. (1993). Training Materials for Continuing Education Personnel: Income- Generating Programmes. Volume VI. APPEAL. Bangkok: Unesco Principal Regional Office for Asia and the Pasific.