Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A20-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang supervisi pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan klinis; (2) Keterampilan, mampu melakukan simulasi proses pelaksanaan supervisi klinis; dan (3) Sikap, memiliki kepekaan dalam menemukan permasalahan yang dihadapi guru, tenaga kependidikan dan solusinya dengan pendekatan klinis. Matakuliah ini membahas konsep dasar supervisi klinis, kemampuan dasar mengajar yang harus dikuasai guru, proses supervisi klinis, kriteria keberhasilan supervisi klinis, evaluasi pelaksanaan supervisi klinis, hambatan pelaksanaan supervisi klinis dan alternatif pemecahannya. Perkuliahan dilakukan secara tatap muka, online, pembuatan skenario pelaksanaan supervisi klinis, serta dilanjutkan simulasi pelaksanaan supervisi klinis dan pembahasannya.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar supervisi klinis, kedudukan supervisi klinis dalam konteks supervisi pendidikan, proses pelaksanaan supervisi klinis
  • Mampu melakukan simulasi kegiatan supervisi klinis dalam pemecahan masalah profesional, pribadi, dan sosial yang dihadapi pendidik dan tenaga kependidikan
  • Mampu mengevaluasi proses pelaksanaan supervisi klinis, menganalisis permasalahan proses supervisi klinis dan menentukan alternatif pemecahannya
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Burhanuddin, Maisyaroh, Imron, A. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
  • Bernard, J. M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision. Boston: Allyn and Bacon.
  • Maisyaroh. 2012. Supervisi Klinis. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
  • Olivia, P. F. 1984. Supervision for Today's School. New York: Longman.
  • Sergiovanni, T. and Starrat, R.J. 1983. Supervisions: Human Perspective. New York: Mc. Graw Hill Book Company.
  • Neagley, Rose L. and Evan, N. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction. Englewood Eliffs: Prentice Hall, Inc.
  • Maisyaroh. 2012. Pelaksanaan Supervisi Kolegial di Sekolah Dasar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.