Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
MG-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai teknologi dalam bidang manajemen pendidikan; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang konsep dasar evaluasi program pendidikan, kedudukan evaluasi program pendidikan, validitas dan reliabilitas alat evaluasi, pelaksanaan evaluasi program pendidikan, pengolahan hasil evaluasi, dan menafsirkan hasil evaluasi program pendidikan, permasalahan pelaksanaan evaluasi program pendidikan dan altematif pemecahannya.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar evaluasi pendidikan
  • Mampu membuat alat evaluasi pendidikan
  • Terampil menggunakan alat evaluasi pendidikan
  • Terampil mengolah hasil evaluasi pendidikan
  • Mampu menganalisis, menafsirkan, dan hasil evaluasi pendidikan
  • Terampil menganalisis permasalahan-permasalahan pelaksanaan evaluasi pendidikan dan menentukan alternatif pemecahannya
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Glas, C., Scheerens, J., dan Thomas, S. M. 2006. Educational Evaluation, Assessment and Monitoring: A Systematic Approach. New York: Taylor & Francis.
  • James, M. 2013. Educational Assessment, Evaluation and Research: The Selected Works of Mary E. James. New York: Routledge.
  • Madaus, G. F., dan Stufflebeam, D. L. 2012. Educational Evaluation: Classic Works of Ralph W. Tyler. Berlin: Springer Science and Business Media.
  • Rani, J. S. 2004. Educational Measurement and Evaluation. New Delhi: Discovery Publishing House.
  • Sary, Y. N. E. 2015. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.