Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
C20-PLB
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk SLB, pendekatan, metode dan teknik, media dan sumber belajar serta eva;luasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, merancang pembelajaran bahasa dan sastra untuk SLB, serta dapat membelajarkan bahasa dan sastra untuk anak SLB.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh tentang konsep Bahasa Indnesia dan hakikat pembelajaran bahasa dalam interaksi belajar ABK
  • Mahasiswa mampu menginternalisasikan keterampilan berbahasa Indonesia dalam proses belajar ABK dalam berbagai layanan pendidikan ABK
  • Ujian Tengah Semester
  • Ujian Akhir semester
Daftar Pustaka:
  • Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Depdiknas
  • Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1994. Pedoman Pembentukan Istilah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1994. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • Sugono, Dendy. 1990. ”Pemakaian Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar di SD: Beberapa Ciri Bahasa Baku” dalam Bahasa dan Sastra, Nomor 1 Tahun 1990.
  • Yasita Aprianti Rahayu. 2013. Menumbuhkan kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita. Indeks
  • Masri, R Sareb Putra.2008. Menumbuhkan minat baca sejak dini.Indeks