Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji hakikat dan karakteristik bisnis di bidang jasa (service business) yang ditinjau dari berbagai aspek, aspek tersebut antara lain aspek produk dan industri jasa, aspek desain dan penyerahan jasa, aspek manajemen kapasitas dan permintaan, aspek menjaga dan meningkatkan kualitas, aspek memberi/menciptakan nilai tambah, aspek dimensi/unsur manusia dalam manajemen bisnis jasa, dan aspek strategi pengembangan bisnis jasa dalam situasi kompetitif.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Karakteristik produk dan perilaku konsumen
  • 2. Memahami strategi pemasaran dan bauran pemasaran jasa
  • 3. Memahami pengelolaan lingkungan jasa
  • 4. Memahami strategi dan praktik peningkatan kualitas
  • 5. Memahami kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan
Daftar Pustaka:
  • Lovelock, Christopher H dan Wright, Lauren K. 2007. Principles of Marketing and Management. Jakarta: Indeks Lupiyoadi, Rambat. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing Jasfar, Farida. 2009, Manajemen jasa, Pendekatan Terpadu, Cetakan kedua, Jakarta : Ghalia Indonesia Kotler, philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo