Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
GB -P7
Deskripsi:
Mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang kurikulum pendidikan fisika, perkembangan kurikulum pendidikan fisika sekolah, struktur, dan subtansi materi meliputi: 1) pengertian, hakekat dan fungsi kurikulum sekolah berdasarkan kurikulum yang sedang berlaku maupun yang pernah berlaku di Indonesia; 2) perkembangan kurikulum penddidikan fisika sekolah; 3) latar belakang dan tujuan berbagai kurikulum; 4) memahami dan menganalisis kompetensi dan kompetensi dasar; 5) mengembangkan indicator pencapaian KD dan tujuan pembelajaran; 6) mengembangkan rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan konsep-konsep mengenai kurikulum pendidikan pendidikan fisika dan perkembangan nya, struktur, dan subtansi materi untuk jenjang SMA/MA/SMK.
Anwar K, dkk. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung: Alfabeta. Penilaian
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Putra.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media. 2011
E, Mulyasa. 2009. Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, S. 2008. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, wina. 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group
Syaodih Sukmadinata, Nana. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya
- Teacher: Endang Purwaningsih Dr. , M.Si