Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
GB -P7
Deskripsi:

Mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang kurikulum pendidikan fisika, perkembangan kurikulum pendidikan fisika sekolah, struktur, dan subtansi materi meliputi: 1) pengertian, hakekat dan fungsi kurikulum sekolah berdasarkan kurikulum yang sedang berlaku maupun yang pernah berlaku di Indonesia; 2) perkembangan kurikulum penddidikan fisika sekolah; 3) latar belakang dan tujuan berbagai kurikulum; 4) memahami dan menganalisis kompetensi dan kompetensi dasar; 5) mengembangkan indicator pencapaian KD dan tujuan pembelajaran; 6) mengembangkan rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan konsep-konsep mengenai kurikulum pendidikan pendidikan fisika dan perkembangan nya, struktur, dan subtansi materi untuk jenjang SMA/MA/SMK.

Daftar Pustaka:
  • Anwar K, dkk. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung: Alfabeta. Penilaian

  • Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Putra.

  • Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media. 2011

  • E, Mulyasa. 2009. Kurikulum Yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

  • Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

  • Nasution, S. 2008. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

  • Sanjaya, wina. 2008. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group

  • Syaodih Sukmadinata, Nana. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya