Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
E-E
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi: (1) Pengertian membaca sastra, kritis, dan kreatif, (2) Perbedaan membaca sastra dan kreatif, (3) Keterampilan berpikir dalam membaca sastra, (4) Praktik menyimpulkan isi teks, (5) Praktik mengevaluasi teks, dan (6) Praktik mencipta karya berdasarkan hasil membaca.
Capaian Pembelajaran
  • Pengertian membaca sastra, kritis, dan kreatif.
  • Keterampilan berpikir dalam membaca sastra.
  • Praktik mengevaluasi teks.
  • Praktik mencipta karya berdasarkan hasil membaca.
Daftar Pustaka:
  • Budianta, M. (2002). Membaca sastra: pengantar memahami sastra untuk perguruan tinggi. IndonesiaTera.
  • Asteria, P. V. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra. Universitas Brawijaya Press.
  • Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).
  • Selden, R. (2016). Practising theory and reading literature: an introduction. Routledge.
  • Oxman, A. D., & Guyatt, G. H. (1988). Guidelines for reading literature reviews. CMAJ: Canadian Medical Association journal, 138(8), 697.
  • Sumara, D. J. (2002). Why reading literature in school still matters: Imagination, interpretation, insight. Routledge.
  • White, J. B. (1981). Law as language: Reading law and reading literature. Tex. L. Rev., 60, 415.