Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk memberi pemahaman tentang konsep dasar dan operasi komputer yang dapat digunakan dalam pembuatan laporan keuangan. Pembahasan mata kuliah ini diawali dengan materi Pengenalan software excel yaitu penggunaan software yang digunakan untuk input data laporan keuangan. Mahasiswa diminta untuk langsung menginput data laporan keuangan menggunakan software Excel. Selanjutnya akan dibahas mengenai dasar-dasar penggunaan software Excel dalam membantu membuat laporan keuangan khususnya siklus laporan keuangan perusahaan Jasa maupun Dagang misalnya fungsi IF, SUMIF, VLOOKUP, HLOOKUP.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Terampil menggunakan formula-formula dalam Microsoft Excel untuk memecahkan permasalahan-permasalahan di bidang Akuntansi sehingga mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan analisis informasi dan data
  • 2. Terampil membuat siklus akuntansi perusahaan jasa dengan memanfaatkan formula dalam Microsoft Excel sesuai dengan konsep, prinsip, teknik dan prosedur Akuntansi pada pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas, dan atau yang sederajat sehingga menciptakan kemandirian belajar.
  • 3. Terampil membuat siklus akuntansi perusahaan dagang dengan memanfaatkan formula dalam Microsoft Excel sesuai dengan konsep, prinsip, teknik dan prosedur Akuntansi pada pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas, dan atau yang sederajat sehingga menciptakan kemandirian belajar.
  • 4. Mampu menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dengan memanfaatkan aplikasi master otomatisasi Excel sehingga dapat menciptakan pembelajaran Akuntansi yang inovatif di Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas dan atau yang sederajat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan.
  • 5. Mampu menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang dengan memanfaatkan aplikasi master otomatisasi Excel sehingga dapat menciptakan pembelajaran Akuntansi yang inovatif di Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas dan atau yang sederajat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan.
Daftar Pustaka:
  • Jubile Enterprise. (2017). Trik Praktis Excel untuk Akuntansi. Jakarta: PT Elex Media
  • Madcoms. (2011). Kupas Tuntas Microsoft Excel 2010. Yogyakarta: Penerbit Andi
  • Madcoms. (2010). Membangun Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel 2010. Yogyakarta: Penerbit Andi
  • Deanta, A. (2007). Aplikasi Fungsi dan Formula Excel dalam Bidang Finansial dan Bisnis Terapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.