Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
FF-FF
Deskripsi:
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep dasar kurikulum; standar pembelajaran sesuai dengan kurikulum di SMK program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP); mampu memahami dan menghasilkan bahan ajar administrasi perkantoran; mampu memahami model-model pembelajaran untuk menghasilkan pengembangan berbagai jenis bahan ajar administrasi perkantoran; mahasiswa mampu melakukan penilaian hasil dari pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
FF-FF
Deskripsi:
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep dasar kurikulum; standar pembelajaran sesuai dengan kurikulum di SMK program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP); mampu memahami dan menghasilkan bahan ajar administrasi perkantoran; mampu memahami model-model pembelajaran untuk menghasilkan pengembangan berbagai jenis bahan ajar administrasi perkantoran; mahasiswa mampu melakukan penilaian hasil dari pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Capaian Pembelajaran
- 1. 1. Mahasiswa mampu memahami hakikat kurikulum dan penggunaannya dalam merancang bahan ajar.
- 2. Mahasiswa mampu memahami berbagai bentuk dan struktur bahan ajar dalam Pembelajaran Administrasi perkantoran
- 3. Mahasiswa mampu memahami fungsi dan penggunaan TIK dalam merancang bahan ajar untuk inovasi pembelajaran administrasi perkantoran
- Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip pemilihan dan penggunaan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran SMK program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
- Mahasiswa mampu memahami dan menghasilkan produk pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran Administrasi Perkantoran
- Mahasiswa mampu memahami dan menghasilkan lembar pengamatan untuk menilai produk pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran Administrasi perkantoran
- https://bit.um.ac.id/Pengemb_Bhn_ajar_ADP
- Prastowo, Andi, 2012, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta, Diva Press
- Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), 2013, PT. Rajagrafindo,2014
- Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum
- Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
- Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Standar Proses Pendidikandasar Dan Menengah
- Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 66 tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan
- Daryanto, 2013, Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar, Yogyakarta, Penerbit Gava Bahan.
- Direktorat Pembinaan SMK, 2008, Teknik Penyusunan Modul, Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional
- Huda, Miftahul, 2014, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
- Lampiran Keputusan Direkturjenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Nomor : 130/D/Kep/Kr/201 Tanggal : 10 Februari 2017 Tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.
- Pengajar: Mohammad Arief