Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Perkuliahan ini akan membahas mengenai Dasar hukum asesmen dan evaluasi pembelajaran, Perbedaan pengukuran, asesmen, dan evaluasi, Penggunaan pengukuran, asesmen, dan evaluasi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, Ragam asesmen (assessment for, as, dan of learning) dalam pembelajaran Pendidikan Biologi. Pengertian asesmen alternatif, asesmen autentik, dan asesmen kinerja, Format asesmen alternatif, asesmen autentik, dan asesmen kinerja, Pengertian asesmen autentik, Ciri asesmen autentik, Prinsip asesmen autentik, Analisis kritis artikel internasional tentang penggunaan asesmen autentik dalam penelitian pendidikan, Perbedaan antara standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran, Berbagai taksonomi belajar untuk merumuskan indicator dan tujuan pembelajaran (Gagne, Bloom, Bloom hasil revisi). Selain itu, mahasiswa juga akan diberi tugas individu dan kelompok yang terdiri atas Menyusun indikator KD yang menampilkan perlunya penilaian tes dan non tes untuk suatu KD tertentu, Menyusun RPP, Menentukan instrumen asesmen yang sesuai, Mengembangkan instrumen untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis, kreatif, dan metakognisi), dan keterampilan proses sains, Mengembangkan assessmen kinerja/perfomance assessment, hasil belajar afektif, kinerja untuk produk, keterampilan komunikasi personal atau komunikasi bentuk lain, penilaian diri dan teman sejawat, portofolio, Mengembangkan instrumen yang digunakan pada assessmen autentik (ceklis, simulasi, essei, dll) dan melaksanakan uji coba instrumen di lapangan, Menentukan validitas dan reliabilitas asesmen yang dikembangkan, Menentukan Kepraktisan dan keefektifan asesmen yang dikembangkan, Memperbaiki instrumen penilaian berdasarkan hasil ujicoba, Menafsirkann hasil penilaian berdasarkan acuan tertentu, Mengelompokkan kemampuan siswa berdasarkan hasil penilaian, Merencanakan diagnosis kesulitan belajar, Menrancang pengajaran remedial berdasarkan hasil asesmen, dan Menyusun laporan pengembangan instrumen penilaian dan hasil penilaian dalam bentuk artikel.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami dan terampil menerapkan konsep penilaian/asesmen autentik dalam pembelajaran biologi guna merancang dan mengembangkan instrumen penilaian, secara cermat, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dan penelitian pembelajaran biologi.
Daftar Pustaka:
  • Manitoba education. 2006. Rethinking classroom assessment with purpose in mind: assessment for learning, assessment as learning, assessment of learning. Canada: Manitoba Education
  • Berry, R. 2008. Assessment for Learning. Hongkong: Hongkong University Press
  • Griffin, P. & Care, E. 2015. Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach. New York: Springer
  • Anderson, L. W. 2008. Classroom Assessment: Enhancing the Quality of Teacher Decision Making. London: Lawrence Erlbaum Associates, Inc
  • OECD. 2005. Formative Assessment: Improving Learning in Secondary Classroom
  • Brookhart, S. M. 2013. How to create and use rubrics for formative assessment and grading. USA: ASCD
  • The Northern Ireland Curriculum. Assessment for Learning: A Practical Guide