Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
AA-AA
Deskripsi:
Matakuliah ini membekali mahasiswa:(1) memiliki wawasan, pengetahuan dan kompetensi dalam mempersiapkan dan merancang strategi yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dan mengelola semua perangkat pembelajaran yang berbasis TIK menggunakan media komputer dan hardware yang lain; (2) memiliki kompetensi berbagai pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran inovatif dengan berbagai karakteristik dan dapat mengimplementasikannya dalam pembelajaran; (3) memiliki kompetensi mengajar berbasis Lesson Study sebagai bekal memasuki dunia kerja di bidang pendidikan yaitu di SMK.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perbedaan pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan taktik pembelajaran dalam bidang pemasaran dan bisnis.
  • 2. Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan berbagai pendekatan pembelajaran inovatif dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis.
  • 3. Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan berbagai pendekatan pembelajaran tradisional dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis.
  • 4. Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan pendekatan pembelajaran Lesson Study dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis.
  • 5. Mahasiswa memiliki ketrampilan dalam memilih pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan bidang pemasaran dan bisnis dan mempraktekkannya.
Daftar Pustaka:
  • Djamarah Syaiful Bahri & Zain Aswan, Edisi Revisi, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
  • Pembelajaran Kontekstual (CTL), 2002, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar & Menengah, Direktoraty Pendidikan Lanjutan Pertama.
  • Suprihatiningrum. Jamil, 2012, Strategi Pembelajaran, 2012, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  • Gulo.W, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Penerbit. PT. Grasindo (GUL), Jakarta.
  • Made Wena, 2011, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.
  • Madjid. Abdul, 2013, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Nurhadi, Yasin B, Agus Gerrad Senduk, 2009, Pembelajaran Contekstual dan Penerapannya dalam KBK, Penerbit UM, Malang.
  • Pinto, Spares, Driscoll, 2012, 95 Strategi Pengajaran, 2014, Jakarta: PT.Indeks.
  • Robert E. Slavin,..........Cooperative Learning (Theory, Reserch dan Practice), Second Edition, Borton London Toronto Sydney Tokyo, Singapura.
  • Sanjaya. Wina, 2013, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  • Silver. Harvey, Strong. Richard, Perini. Matthew, 2012, Strategi-Strategi Pengajaran, Memilih Strategi Berbais Penelitian yang Tepat unuk Setiap Pelajaran, Jakarta: PT.Indeks. .........., 2002,