Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-18NA
Deskripsi:
Mengembangkan dan memanfaatkan sebagai sumber belajar untuk kepentingan pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep sumber belajar.
  • Memahami jenis dan prinsip penulisan buku ajar.
  • Memahami teknik penulisan buku ajar.
  • Menganalisis isi buku ajar.
  • Memahami prosedur penulisan buku ajar mencakup perencanaan, pengembangan dan uji coba hasil penulisan buku ajar.
  • Jenis dan prinsip pengembangan media pembelajaran.
  • Analisis tujuan, isi media.
  • Teknik pengembangan media mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan ujicoba media.
  • Jenis dan prinsip pengembangan LOM.
  • Analisis tujuan, isi LOM.
  • Teknik pengembangan LOM.
  • Prosedur pengembangan LOM mencakup: perencanaan, pelaksanaan, dan uji coba LOM.
Daftar Pustaka:
  • (1) Association for Educational Comunication Technology (AECT). 1986. Definisi Teknologi Pendidikan (Terjemahan olah Yusufhadi Miarso). Jakarta: PT Rajawali.
  • (2) Azhar, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
  • (3) Heinich, R., Moelnda, M., Russel, J.D., & Smaldino. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Englewood Clifford.
  • (4) Iver, K.S. & Barron, A.E. 2005. Multimedia Project in Education: Designing, Producing, and Assessing. Singapore: Springer.
  • (5) Kemp, J.E. 1975. Planning and Producing Audio Visual Material. New York: Thomas Y. Crowel.
  • (6) Percival, F. & Ellington, H. 1980. A Handbook of Educational Technology. London: Kogan page LTd. Ltd. Pentonville Road.
  • (7) Raines, C. & Williamson, L. 1995. Using Visual Aids. Singapore: Thomson Crisp Learning.
  • (8) Sadiman, A. F. 2007. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.
  • (9) Widodo, C.S., & Jasmadi. 2002. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Jakarta: PT Media Ex Media Komputindo.