Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-18MB
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji hakekat strategi pembelajaran, landasan pembelajaran, model, metode mengajar, dan berbagai keterampilan pembelajaran tak langsung (indirect instruction), Menganalisis langkah-langkah strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction) dan mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction)
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-18MB
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji hakekat strategi pembelajaran, landasan pembelajaran, model, metode mengajar, dan berbagai keterampilan pembelajaran tak langsung (indirect instruction), Menganalisis langkah-langkah strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction) dan mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction)
Capaian Pembelajaran
- Memahami konsep dasar strategi pembelajaran efektif.
- Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran.
- Mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran.
- Memahami pendekatan cara belajar siswa aktif.
- Mengkaji pendekatan keterampilan proses.
- Memahami model pembelajaran.
- Mengkaji metode pembelajaran di SMK
- Aplikasi strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.
- (1) Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
- (2) Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- (3) Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
- (4) Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- (5) Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
- (6) Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
- (7) Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
- (8) Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
- Teacher: Nunung Nurjanah