Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Matakuliah praksis sosial berisi projek mahasiswa untuk bergotong royong bersama masyarakat dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat berbasis kearifan lokal. Secara khusus matakuliah ini berisi rumusan masalah spesifik yang dihadapi masyarakat tertentu, data tentang penyebab dan sumber untuk mengatasi masalah tersebut, alternatif pemecahan masalah, pilihan pemecahan masalah sebagai solusi yang paling layak untuk dilakukan, rencana tindakan, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan tindakan, dampak tindakan, evauasi, dan pelaporan/komunikasi.


Capaian Pembelajaran
  • Berperan serta dalam pemecahan masalah masyarakat melalui dialektika antara wawasan konseptual teoritik dengan realitas sosial berdasarkan kearifan lokal.

  • Menerapkan prosedur: identifikasi masalah, pengumpulan data, penyusunan alternatif solusi, pemilihan solusi, peyusunan rencana aksi, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan aksi, asesmen dan refleksi, dan pelaporan

  • Menggalang kolaborasi antara dosen pembimbing, mahasiswa, kelompok sosial, pemerintah dan/atau dunia usaha/industri dalam memecahkan masalah masyarakat.

  • Berempati kepada warga masyarakat yang mengalami masalah masyarakat.

Daftar Pustaka:
  • Albert, H. 2004. Risalah Pemikiran Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • Marcuse, H. 2004. Rasio dan Revolusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • Alway, Joan.1995. Critical Theory and political possibilities : conceptions of emancipatory politics in the works of Horkheimer, Adorno, Marcuse, and Habermas. Westport: Westport Greenwood Press
  • Arif, S dan Adi Sasono. 2013. Indonesia Ketergantungan dan Keterbelakangan. Jakarta: Mizan.
  • Berndt, H. 2006. Agama yang Bertindak Kesaksian Hidup dari Berbagai Tradisi. Diterjemahkan oleh Widyamartaya). Yogyakarta: Kanisius.
  • Dasin. 2012. Citizen Project. Bandung: UPI
  • Fukuyama, F. 2007. Trust Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. (Diterjemahkan oleh Ruslani). Yogyakarta: Qalam.
  • Habermas J. 1971. Knowledge and Human Interests. Boston and London: Boston Press
  • Habermas J. 1984. Theory of Communicative Action Volume 1: Reason and The Rationalisation of Society. (Translated by Thomas McCarthy). USA: Beacon Press.
  • Habermas J. 1987. Theory of Communicative Action Volume 2: Lifeworld and System: a Critique of Functionalist Reason. (Translated by Thomas McCarthy). USA: Beacon Press.
  • Habermas, J. 1992. Moral Conciousness and Communicative Action. (Translated by C. Lenhardt dan S.W. Nicholseni) .UK: Blackwell Publishers. Habermas, J. 2009. Teori Tindakan Komunikatif. Buku Satu. (Diterjemahkan oleh Nurhadi). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
  • Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran: Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana, UPI.

  • Habermas, J. 2009. Tindakan Komunikatif. Buku Dua. (Diterjermahkan oleh Nurhadi). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
  • Fernandes, W & Tandon, Rajesh. 1993. Riset Partisipatoris, Riset Pembebasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

  • Habermas, J. 2006. Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

  • Horkheimer, M dan Adorno, T.W. 2002. Dialektika Pencerahan. Yogyakarta: IRCiSoD.

  • Jauy, M. 2005. Sejarah Mazhab Frankfut. Imajinasi Dialektis dalam Perkembangan Teori Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Kritik Kebudayaan.

  • Kelner, D. 2003. Teori Sosial Radikal. Yogyakarta: Syarikat.

  • Margono. 2012. Model-model Pendidikan Nilai. Makalah disajikan dalam Lokakarya Silabus Jurusan Sejarah UM.