Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
AA-DAA
Deskripsi:

Sejarah pendidikan di dunia, pendidikan sebagai disiplin ilmu, pendidikan sebagai sistem, grand theory pendidikan, pendidikan dalam pandangan filsafat, hakikat manusia dalam pendidikan, interaksi manusia.

Pendekatan pembelajaran matakuliah Pengantar Pendidikan adalah student centered. Pengantar pendidikan dilakukan dengan pembahasan kritis, analitis, deduktif, dan reflektif melalui komunikasi partisipatori dalam pembahasan matakuliah pengantar pendidikan. Perkuliahan matakuliah Pengantar Pendidikan melalui tatap muka (offline) dan online secara bergantian.

Aspek penilaian matakuliah Pengantar Pendidikan meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penilaian yang digunakan adalah penilaian proses serta penilaian hasil perkuliahan.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menelaah perkembangan sejarah pendidikan di dunia

  • Mahasiswa mampu menelaah pendidikan sebagai sistem

  • Mahasiswa mampu menelaah grand theory pendidikan

  • Mahasiswa mampu menelaah pendidikan dalam pandangan filsafat

  • Mahasiswa mampu menganalisis hakikat manusia dalam pendidikan

  • Mahasiswa mampu menganalisis interaksi manusia dan pendidikan

Daftar Pustaka:
  • Ornstein, A.C. & Levine, D.U. 2008. Foundations of Education. 10th Ed. Boston: Houghton Mifflin Company.

  • Redja Mudyahardjo. 2006. Pengantar Pendidikan; Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

  • Sadulloh, U. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

  • Salam, Burhanuddin. 2002. Pengantar Paedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

  • Siswoyo, D. 2008. Ilmu Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY Press.

  • Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

  • Tilaar. 2002. Membedah Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta

  • Triwiyanto, T. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

  • Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

  • Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

  • United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). 2012. Education for Sustainable Development: A Source Book. Paris, France: UNESCO

  • Winarno Surakhmad. 2009. Pendidikan Nasional: Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas.

  • William F. O'neil. 2008. Ideologi-Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

  • Ahmadi, Abu. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta


  • Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press


  • Darmaningtyas & Edi Subkhan. 2012. Manipulasi Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Resist Book

  • Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 

  • Merry, M. Merryfield and Wilson, Angene. 2005. Social Studies and the World: Teaching Global Perspectives. United States of America: National Council for the Social Studies.

  • Moisio, O.P. & Suoranta, J. 2007. Hope and Education in the Era of Globalization. In Klas Roth and Ilan Gur-Ze’ev (Eds.). Education in the Era of Globalization, Chapter 13. Dordrecht, the Netherlands: Springer.

  • Rohman, A. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama