Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A21-AUD
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi materi tentang konsep kecerdasan dan kognitif, perkembangan kognitif, jenis-jenis kecakapan kognitif, unsur-unsur kecakapan dan pengalaman belajar dalam perkembangan kognitif, strategi dan media pengembangan kognitif, serta asesmen dan evaluasi perkembangan kognitif AUD.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dan prinsip perkembangan kognitif AUD
  • Memahami karakterisik perkembangan kecakapan dan bentuk aktivitas kognitif AUD
  • Memahami proses terkonstruksinya jenis-jenis kecakapan kognitif (meta kognisi) anak usia dinI
  • Memahami prinsip dan prosedur pemilihan media belajar untuk pengembangan kognitif AUD.
  • Memahami komponen-komponen mikro strategi pengembangan kognitif AUD
  • Mampu menganalisis isi kurikulum, bidang pengemabangan kognitif AUD
  • Terampil melakukan perancangan kegiatan pengembangan kognitif AUD
  • Terampil melakukan perencanaan dan pelaksanaan evaluasi perkembangan kognitif AUD
  • Memahami manfaat kemajuan IPTEKS dalam pengembangan potensi AUD
  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan lingkungan
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • UTS
  • UAS
  • Orientasi Perkuliahan
Daftar Pustaka:
  • 1. Anghileri, Julia. 2006. ”Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning”. Dalam Journal of Mathematics Teacher Education (2006) 9.
  • 10. Reigeluth, Charles M. 1978
  • 2. Cobb,Yackel & Wood.1992.”A Constructivist Alternative to The Representational View of Mind in Mathematics Education”. Dalam Journal for Research in Mathematics Education. Vol.23. No.1 January 1992. hal. 2-33 .
  • 3. Coppeland, R. W. 1980. How Children Learn Mathematics, An Implication of Piaget Research Toronto, Philadhelpia ,Hold Rinhard Book Inc
  • 4. Davis. 1996. "One Very Complete View (Though Only One) of How Children Learn Mathematics " Dalam Journal for Research in Mathematics Education Vol.27. No.1 January 1996. hal. 100-106
  • 5. De Lange, J. 1996. “Using Applying Mathematics in Education: Dalam International Handbook of Mathematics Education, Part One, Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
  • 6. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2013. Jakarta
  • 7. Forman, A. A. (2003). A socio-cultural approach to mathematics reform: Speaking,inscribing, and doing mathematics within communities of practice. In J. Kilpatrick (Ed.), A research companion to Principles and Standards for School Mathematics (pp. 333–352). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
  • 8. Gravemeijer. 1994. Developing Realictics Mathematics Education. Utrecht: CD-b Press/Freudenthal Institute.
  • 9. Hudodjo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang