Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
P2-ABC
Deskripsi:
Mata Kuliah ini membahas konsep-konsep dasar metode penelitian tindakan kelas:hakikat PTK, langkah-langkah PTK, merancang PTK, melaksanakan PTK, menganalisis dan menginterpretasi sata, laporan PTK. Topik yang dibahas meliputi identifikasi dan perumusan fokus penelitian, penentuan sasaran penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan pelaporan hasil penelitian
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep, teori dan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) dalam bidang pendidikan fisika serta mampu merancang, melaksanakan, dan mengkomunikasikan hasilnya secara tepat, sistematis, inovatif, mandiri, bertanggungjawab, dan sesuai dengan perkembangan ipteks.
Daftar Pustaka:
  • Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (7th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Creswell, J.W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, (4thedition). Boston: Pearson Education, Inc
  • Norton, L.S. 2008. Action Research in Teaching and Learning: A Practical Guide to Conducting Pedagogical Research in Universities. London: Roudledge Taylor & Francis Group
  • Yuliati, L. 2012. Modul PTK. Malang: PLPG UM