Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi (1) Menjelaskan konsep dasar, prinsip, prosedur, dan sasaran asesmen serta (2) menganalisis prinsip dan masalah dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran Bahasa Jawa, (3) merencanakan dan mengembangkan beragam instrumen asesmen membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa, (4) merencanakan dan mengembangkan instrumen asesmen menulis dalam pembelajaran Bahasa Jawa, (5) merencanakan dan mengembangkan instrumen asesmen menyimak dalam pembelajaran Bahasa Jawa, (6) merencanakan dan mengembangkan instrumen asesmen berbicara dalam pembelajaran Bahasa Jawa, (7) merencanakan dan mengembangkan instrumen asesmen bersastra dalam pembelajaran Bahasa Jawa, dan (8) mengolah, menelaah, dan mengevaluasi instrumen asesmen dalam pembelajaran Bahasa Jawa.
Capaian Pembelajaran
  • 5.1 Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar asesmen, jenis asesmen, ragam instrument asesmen, dan prinsip asesmen pembelajaran Bahasa Jawa.
  • 5.2 Terampil merencanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi instrumen asesmen Pembelajaran Bahasa Jawa dengan penuh kreatif dan tanggung jawab serta mendayagunakan teknologi
Daftar Pustaka:
  • 1) Harsiati, Titik. Penilaian dalam Pembelajaran. UM Press: 2011. 2) Harsiati, Titik. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. UM Press: 2013. 3) Harsiati, Titik. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemendikbud: UT : 2017. 4) Omalley, J.M.,Peirce,J.V. Authentic Assessment for English Language Learners. New York: Addison Wesley Publishing Company. 5) Sukiyat, B.A. 1990. Wulangreh I. Intan Pariwara