Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mendefinisikan pengertian bahan ajar secara komprehensif, membedakan bahan ajar dan sumber ajar dengan menganalisis ciri-ciri keduanya secara cermat, mengidentifikasi jenis-jenis bahan ajar biologi yang konvensional maupunhasil inovasi, menjelaskan berbagai model pengembangan bahan ajar (Thiagarajan, ADDIE, R2D2, Ploom, Kemp, dll),menganalisis KD Mapel Biologi di sekolah menengah, merumuskan indikator kompetensi dari KD Mapel Biologi disekolah menengah, menyusun materi ajar berdasarkan kompetensi dasar (KD) sekolah menengah, merancang satu KD sekolah menengah menjadi bahan ajar dengan menerapkan salah satu model pengembangan, menjelaskan pengertian validasi bahan ajar, menjelaskan tujuan validasi bahan ajar, merancang instrumen validasi bahan ajar, menerapkan instrumen validasi bahan ajar
Capaian Pembelajaran
  • Mengeneralisasi secara komprehensif tentang: konsep bahan ajar; macam/jenis bahan ajar; dan model-model pengembangan bahan ajar yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta literat terhadap informasi, media, dan teknologi
  • Mengeneralisasi secara komprehensif tentang: konsep bahan ajar; macam/jenis bahan ajar; dan model-model pengembangan bahan ajar yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta literat terhadap informasi, media, dan teknologi
  • Terampil menguraikan Kompetensi Dasar (KD) pada Mapel Biologi di sekolah menengah menjadi indikatorindikator kompetensi yang kemudian dikembangkan menjadi materi ajar dan bahan ajar berdasarkan model pengembangan tertentu yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis, kreatif serta literat terhadap informasi, media, dan teknologi
  • Terampil menguraikan Kompetensi Dasar (KD) pada Mapel Biologi di sekolah menengah menjadi indikatorindikator kompetensi yang kemudian dikembangkan menjadi materi ajar dan bahan ajar berdasarkan model pengembangan tertentu yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis, kreatif serta literat terhadap informasi, media, dan teknologi
  • Terampil merancang instrumen validasi bahan ajar yang tepat dan visibel untuk diterapkan.
  • Terampil merancang instrumen validasi bahan ajar yang tepat dan visibel untuk diterapkan.
Daftar Pustaka:
  • Standar isi kurikulum IPA SMP dan Biologi SMA Permen No.24 Tahun 2016 Lampiran 7 tentang KD Biologi SMA
  • Smaldinow, E.S., Russell, J.D, Heinich, R,dan Molenda, M. Instructional Technology and Media of Learning. Colombus, Ohio: Pearson Merille Prentice Hall
  • Ibrahim, Muslimin. 202. Asesmen Alternatif. Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional
  • Azarnoosh, M., Zeraatpishe, M., Faravani, A., & Kargozari, H. R. (Eds.). (2016). Issues in Materials Development. Springer
  • Willis, J., & Wright, K. E. (2000). A general set of procedures for constructivist instructional design: The new R2D2 model. Educational Technology, 40(2), 5-20
  • van den Akker, J., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (Eds.). (2012). Design approaches and tools in education and training. Springer Science & Business Media
  • Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media