Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Secara garis besar materi terdiri dari: pengertian dan ruang lingkup metodologi; aliran dan pendekatan sejarah; sejarah naratif dan sejarah kritis; konsep-teori-model; aliran metodologi dalam tema sejarah; metode utama dan metode pendukung: tinjauan reflektif; prinsip-prinsip penulisan sejarah; kesalahan-kesalahan sejarawan; rancangan penelitian sejarah; dan analisis historiografi.
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Secara garis besar materi terdiri dari: pengertian dan ruang lingkup metodologi; aliran dan pendekatan sejarah; sejarah naratif dan sejarah kritis; konsep-teori-model; aliran metodologi dalam tema sejarah; metode utama dan metode pendukung: tinjauan reflektif; prinsip-prinsip penulisan sejarah; kesalahan-kesalahan sejarawan; rancangan penelitian sejarah; dan analisis historiografi.
Capaian Pembelajaran
- Mampu memahami konsep dan prinsip metodologi sejarah sebagai bagian integral dari penelitian dan penulisan sejarah.
- Mampu menjelaskan hubungan antara aliran sejarah dengan bentuk-bentuk penulisan sejarah sesuai dengan perkembangan ilmu sejarah.
- Mampu mengimplementasikan metodologi sejarah dalam bentuk rancangan penelitian dengan mengacu pada tema dan topik sejarah yang aktual.
- Mampu mengimplementasikan konsep dan prinsip metodologi untuk menganalisis historiografi secara kritis, jujur, teliti dan bertanggungjawab.
- Barnes, H. E. 1963. A History of Historical Writing. New York: Dover Publications
- Tosh, J. 1984. The Pursuit of History. Aims, Methods and New Directions in the Study of Modern History. New York: Longman
- Burke, P. 2003. Sejarah dan Teori Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
- Garraghan, G. J. 1957. A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press
- Kartodirdjo, S.1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia
- Kuntowijoyo.2008. Penjelasan Sejarah (Historical Explanation). Yogyakarta: Tiara Wacana
- Lohanda, M. 1998. Sumber Sejarah dan Penelitian Sejarah. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya, Lembaga Penelitian Universitas Indonesia
- Renier, G.J. 1997. Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Yogyakarta: pustaka Pelajar
- Sjamsuddin, H. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak
- Storey, W. K. 1999. Writing History. A Guide for Students. New York: Oxford University Press
- Teacher: Ronal Ridhoi