Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C21-PLB
Deskripsi:
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang fungsi & manfaat statistics dalam pendidikan dan penenelitian penddikan. Statistics meliputi: data, penyajian data, ukuran tendensi sentral dan variabilitas, sampling dan distribusi sampling, teknik korelasional, analisis perbedaan dan analisis varian (t-test, Anova), statistika non parametric
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar statistika dan ragam statistika
  • Menguasai prosedur analisis data dengan statistika
  • Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika secara tepat, baik secara manual maupun menggunakan program SPSS.
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • Dajan, A. 1976. Pengantar Metode Statistik (jilid 1 & 2) Jakarta: Penerbit LP3ES
  • Hadi, S. 1989. Metode Research (Jilid 3) Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  • Siegel, S. 1985. Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial. Terjemahan oleh Peter Hagul. Jakarta: Penerbit Gramedia.
  • Sopingi, 2014. Statistik Pendikan. Malang: fakultas Ilmu Pendidikan UM
  • Muhidin, A.A. 2007. Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  • Widiyanto, M.A. 2002. Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial lainnya.Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  • Supardi, U.S. 2013.Aplikasi Statistika dalam penelitian, Konsep Statistika Komprehensif. Jakarta: Change Publisher
  • Winarsunu. T. 2006. Statistik dalam penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press