Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
D13-D13
Deskripsi:

Matakuliah ini membahas wawasan teoritik dan kontekstual tentang perkembangan peserta didik dari segi teori perkembangan; aspek-aspek perkembangan (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual), tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan; karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK), serta memfasilitasi pengembangan kemampuan melakukan asesmen pemahaman individu peserta didik dari segi teoretik dan praktik diagnosis perkembangan peserta didik serta solusi masalah perkembangan peserta didik. Secara rinci, materi matakuliah ini meliputi hakikat perkembangan peserta didik dan perspektif jangka hidup manusia; hakikat pertumbuhan dan perkembangan; isu-isu dan faktor-faktor perkembangan; prinsip dan hukum perkembangan; tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan peserta didik; teori perkembangan (psikoanalitik, behavioristik, kognitif); aspek perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi, moral-spiritual); karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK) dari segi fisik-psikomotorik, sosial-emosional, dan kognitif; asesmen pemahaman individu peserta didik (teknik tes dan non tes); analisis perkembangan peserta didik dan solusi masalah perkembangan peserta didik; serta peran guru/pendidik dalam intervensi perkembangan. Capaian Pembelajaran

  • Menelaah secara mendalam hakikat perkembangan peserta didik
  • Menelaah teori perkembangan
  • Menelaah aspek-aspek perkembangan peserta didik
  • Menelaah karakteristik perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
  • Menerapkan langkah-langkah diagnosis perkembangan peserta didik
  • Menganalisis ketercapaian tugas perkembangan peserta didik
Daftar Pustaka:
  • Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Jakarta: PT. Refika Aditama


  • Triyono, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

  • Wade, C. & Tavris, C. 2008. Psikologi. Alih bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.
  • Elliot, S. N.; Kratochwill, T. R.; Littlefield, J; dan Travers, J. F. 1996. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Chicago: Brown & Bencmark.
  • Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti, dkk. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

  • Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. 2006. Exceptional Learners: Introduction to Special Education. USA: Pearson.

  • Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

  • Kail, R.V. 2010. Children and Their Development. New Jersey: Pearson Education.

  • Santrock. J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup.(edisi kelima) Jakarta: Erlangga

  • Santrock, J.W. 2004. Child Development. Boston: McGraw-Hill.

  • Santrock, J.W. 2012. Adolescence: Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto D. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

  • Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.