Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mencakup kajian tentang hakikat IPS; sejarah perkembangan IPS secara umum dan sejarah perkembangan IPS di Indonesia, konsep dasar ilmu-ilmu sosial dalam IPS, persamaan dan perbedaan IPS dengan ilmu-ilmu sosial, hubungan IPS dengan ilmu-ilmu sosial, model-model pembelajaran terpadu dalam pengorganisasian materi IPS, integrasi ilmu-ilmu sosial, IPS dalam kurikulum sekolah.
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mencakup kajian tentang hakikat IPS; sejarah perkembangan IPS secara umum dan sejarah perkembangan IPS di Indonesia, konsep dasar ilmu-ilmu sosial dalam IPS, persamaan dan perbedaan IPS dengan ilmu-ilmu sosial, hubungan IPS dengan ilmu-ilmu sosial, model-model pembelajaran terpadu dalam pengorganisasian materi IPS, integrasi ilmu-ilmu sosial, IPS dalam kurikulum sekolah.
Capaian Pembelajaran
- Memahami hakikat IPS.
- Memahami konsep sejarah perkembangan IPS.
- Memahami konsep dasar ilmu-ilmu sosial serta keterkaitan antara IPS dengan ilmu-ilmu sosial.
- Menganalisis model-model pembelajaran terpadu dalam upaya. mengintegrasikan ilmu-ilmu sosial sebagai konten materi IPS secara kritis dan komprehensif.
- Menganalisis pembelajaran IPS dalam kurikulum sekolah.
- Memiliki keterampilan dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial dengan menggunakan berbagai sudut pandang ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
- Menjadi inspirator sebagai warga yang baik sesuai dengan tujuan IPS.
- Al Muchtar, Suwarma. 2013. Epistemologi Pendidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi.
- NCSS. 1994. Expectation of Excellence: Curriculum Standards for Social Studies. Washington.
- Santoso, Widjajanti Mulyono. 2016. Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Yoyakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Sapriya. 2017. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Soetomo, 2008. Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta: Kepustakaan Pelajar.
- Soemantri, Numan. M. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Suhada, Idad. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Sumaatmadja, Nursid. 1984. Metodologi Pengajaran IPS. Bandung: Alumni.
- Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Supriatna, Nana. 2016. Ecopedagogy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Astawa, Ida Bagus Made. 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Press.
- Wahab, Aziz. A. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Banks, James. 2014. Strategi Pembelajaran untuk Pendidikan IPS: Inkuiri, Penilaian dan Membuat Keputusan. Bandung: UPI.
- Daulay, M. Nur Husein, dkk. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Depok: Rajawali Press.
- Fajar, Arnie. 2016. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate The Curicula. Illinois: IRI/Skylight Publishing.
- Jarolimek, John. 1977. Social Studies in Elementary Education. New York: University of Washington.
- Nasikun. 2018. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta. Rajawali Press.
- Nasution. 2011. Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press.
- Teacher: Agung Wiradimadja