Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Hakikat filsafat sejarah, relasi manusia dalam sejarah, kebenaran sejarah, karakter filsafat sejarah spekulatif dan kritis, berbagai pemikiran filsafat sejarah spekulatif dan kritis, pengaruh filsafat terhadap pembelajaran sejarah, kesadaran sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengidentifikasi hakikat filsafat sejarah secara kritis dan kontekstual.
  • Mampu menganalisis secara kritis relasi manusia dan dunianya dalam konteks sejarah Indonesia maupun dunia.
  • Mampu mengevaluasi berbagai konsep kebenaran dalam sejarah secara akademik.
  • Mampu mengidentifikasi karakteristik filsafat sejarah spekulatif dan kritis.
  • Mampu menganalisis pengaruh filsafat terhadap pembelajaran sejarah secara adaptif dan kontekstual.
  • Mampu mengidentifikasi berbagai pemikiran filsafat sejarah spekulatif dan kritis untuk pengkajian sejarah Indonesia maupun dunia.
  • Mampu menginternalisasi kesadaran sejarah agar mampu hidup berdampingan secara damai dalam kehidupan global.
Daftar Pustaka:
  • Ankersmit, F.R. 1987. Refleksi tentang Sejarah: Pendapat-pendapat Modern tentang Filsafat Sejarah. Jakarta: Gramedia
  • Wijaya, D. N. (2015). John Locke dalam Demokrasi. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 8(1), 13–24.
  • Wijaya, D. N. (2016). Kontrak Sosial Menurut Thomas Hobbes dan John Locke. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 1(2), 183–193.
  • Daliman, A. 2012. Manusia dan Sejarah. Yogyakarta: Ombak
  • Hegel, G.W.F. 2001. Filsafat Sejarah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Kartodirjo, S. 1990. Ungkapan-ungkapan Filsafat Sejarah Timur dan Barat. Jakarta: Gramedia
  • Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  • Lemon, M.C. 2003. Philosophy of History: A Guide for Students. London and New York: Routledge
  • Magnis-Suseno, F. 1999. Pemikiran Karl Marx: dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  • Wijaya, D. (2013). Teori dan Praksis Sejarah Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.
  • Wijaya, D. N. (2013). John Locke on Character Building. ATIKAN, 3(2).