Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji berbagai jenis bahan ajar, model, media, pendekatan, model, metode, perangkat evaluasi, dan kelengkapan perangkat pembelajaran lainnya yang mampu menanamkan wawasan bangsaan Indonesia
Capaian Pembelajaran
  • Melalui matakuliah ini mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran sejarah yang berwawasan kebangsaan Indonesia
Daftar Pustaka:
  • Budiawan. 2017. Nation & Naionalisme, Jelajah Ringkas Teoritis.. Yogyakarta: Ombak.
  • Widja. I.G. 2006. Goresan Sepanjang Jalan Kehidupan. Jakarta: Krishna Abadi Publishing.
  • Widja. I.G. 2012. Pendidikan Sebagai Ideologi Budaya. Jakarta: Krishna Abadi Publishing.
  • Widja. I.G. 2017. Pembeljaran Sejarah yang Mencerdaskan. Jakarta: Krishna Abadi Publishing.
  • ---------------, 1995. (ed. Soedjatmoko,dkk). Historiografi Indonesia, Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
  • Hariyono,1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.
  • Harususilo, Y. E. (2018, Mei Rabu). "Ki Hajar Dewantara dan Guncangan Pendidikan Era Industri 4.0". Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/02/15561621/ki-hadjar-dewantara-dan-guncangan-pendidikan-era-industri-40.
  • Kartodirdjo, S., Purwanto, B. 2017. Sejarah Sosial, Konseptual Mode dan Tantangannya. Yogyakarta: Ombak.
  • Lay, C. 2001. Nasionalisme Etnisitas. Petaruhan Sebuah Wacana Kebangsaan. Jakarta: Kompas.
  • Lubis, A.Y., 2014. Posmodernisme, Teori dan Metode. Jakarta: PT.RajaGrafindo.
  • Nodding, N. 2005. Citizens For Global Awareness. New York: Colombia University.
  • Priyadi, S. 2012. Sejarah Lokal, Konsep, Metode dan Tanatangannya. Yogyakarta: Ombak.
  • Stevem, GR. 2018. Nasionalisme, Makna Bangsa, Ibu Pertiwi, Fatherland, dan Tanah Air. Surabaya: Ecosystem Publishing.